Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Disney World Menambahkan Urinal di Toilet Wanita

Published

on

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Situs mousetrapnews.com yang disebutkan sebagai sumber berita di reels Instagram tersebut merupakan situs satir, bukan situs yang memberikan informasi valid sesuai kenyataan.

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: Instagram
https://web.archive.org/web/20240227100417/https://www.instagram.com/reel/C3yPKg2y3JN/

===== 

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Disney Menambahkan Urinoir di Toilet Wanita!”

=====

Penjelasan:
Akun Instagram @officialderrickgates mengunggah video pendek yang menyatakan bahwa Disney World akan menambahkan urinoir di toilet wanita di sana. Video tersebut diunggah tanpa ditambahkan keterangan di bagian caption Instagram. Video pendek yang diunggah pada 26 Februari tersebut telah disukai olehh 512 orang. 

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut merupakan konten parodi. Pada akhir video, narator mengatakan untuk membuka situs mousetrapnews.com yang setelah diperiksa, situs tersebut memang banyak menulis konten-konten parodi. Contohnya, artikel terakhir di situs tersebut berjudul “Disney Announces Nudist Day at Disney” yang dilengkapi dengan video dan gambar kartun editan, bukan foto asli. 

Selain itu, informasi tersebut pernah dibahas oleh politifact dengan judul “Disney World is adding urinals to the women’s restrooms” dan dikategorikan sebagai Pants on Fire, yang berarti sangat salah. 

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Instagram @officialderrickgates merupakan konten yang menyesatkan.

=====  

Referensi: 
https://mousetrapnews.com/

https://www.politifact.com/factchecks/2024/feb/26/instagram-posts/is-disney-world-adding-urinals-to-womens-restrooms/#sources

//www.instagram.com/embed.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *