Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] DPR Menemukan Uang 600T di Istana Negara

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi video tersebut hanya mengulas mengenai Rapat Kerja Komisi VI DPR RI bersama Kementerian Investasi Investasi yang berlangsung pada 11 Juni 2024. Tidak ada pembahasan mengenai benar adanya temuan uang 600T di Istana Negara.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/OJzWIEyFw9I (arsip)

===========

[NARASI]:

SIDANG RICUH‼️DPR BUNGK4M BAHLIL, DPR TEMUKAN UANG 600 TRILIUN DI ISTANA JKW

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim pada judul jika DPR RI menemukan uang sebanyak enam ratus triliun yang disembunyikan Presiden Jokowi di Istana Negara.

Namun saat disimak isi video tersebut hanya mengulas mengenai Rapat Kerja Komisi VI DPR RI bersama Kementerian Investasi Investasi yang berlangsung pada 11 Juni 2024 di kompleks Parlemen, Jakarta.

Dalam isi video narator berfokus pada kejadian ketika Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDI Perjuangan, Harris Turino membungkam protes keras dari Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang mengeluhkan soal anggaran tahun 2025.

Diketahui, anggaran yang didapat Kementerian Investasi/BKPM diturunkan nyaris setengahnya menjadi Rp 681 miliar pada tahun 2025 dari yang sebelumnya Rp1,22 triliun di tahun 2024. Tak hanya itu, realisasi investasi tahun 2025 juga dipatok sebesar Rp1.850 atau naik dari tahun ini yang hanya Rp1.650 triliun.

Oleh sebab itu, Harris menyarankan Bahlil untuk mempertanyakan hal tersebut di rapat kabinet dan bukan di Komisi VI. Anggota Fraksi PDIP tersebut juga menyarankan agar Bahlil menanyakan apakah pemangkasan anggaran sekaligus kenaikan target tersebut adalah ide Presiden Jokowi atau Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Hingga akhir video tidak dijelaskan mengenai benar adanya temuan uang 600T yang disembunyikan oleh Presiden Jokowi seperti yang disebutkan dalam judul video.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tvonenews.com/ekonomi/218200-telak-anggota-pdip-bungkam-bahlil-yang-protes-soal-anggaran-tahun-2025-salah-tempat-ini-ide-jokowi-atau-prabowo?page=1

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *