Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Flyer Dukungan Ketua Umum PB PMII untuk Haris Pratama Sebagai Ketua Umum DPP KNPI

kabarpolitik.com

Published

on

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga)

Gambar adalah hasil manipulasi. Melalui akun Instagram resminya, PMII mengonfirmasi bahwa flyer yang menyatakan dukungan Ketua Umum PB PMII untuk Haris Pratama Sebagai Ketua Umum DPP KNPI adalah hoaks.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

====

SUMBER: Unggahan flyer

====

NARASI:

PENGURUS BESAR
PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA

MENDUKUNG SEPENUHNYA
HARIS PERTAMA
-SEBAGAI-
KETUA UMUM DPP KNPI
Energy of Ceremony

Muhammad Abdullah Syukri
Ketua Umum PB PMII

====

PENJELASAN:

Beredar flyer yang menyatakan bahwa Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) mendukung sepenuhnya Haris Pertama sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Pemuda Nasional Indonesia (DPP KNPI).

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, diketahui bahwa flyer tersebut adalah hasil manipulasi. Melalui akun resmi Instagram PMII (@pmiiofficial) mengonfirmasi bahwa flyer yang menyatakan dukungan Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri kepada Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pratama adalah hoaks dan sangat tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Beberapa waktu lalu sempat terjadi kisruh kepengurusan di dalam internal Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI). Dikabarkan, Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pratama dicopot dari jabatan sebagai Ketua Umum secara tidak resmi oleh anggota internal KNPI. Dilansir dari CNN, pencopotan tersebut digelar oleh KNPI pusat di Hotel Rizt Carlton, Jakarta, Sabtu (6/3).

Menurut Haris, rapat pleno tersebut tanpa seizin dan sepengetahuan dirinya dan tidak melalui undangan resmi kesekretariatan. Akibatnya, Jackson Kumaat dicopot dari jabatan Sekjen dan Syarif Ahmad dari Kepala Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan, serta 6 orang lainnya. Haris menilai 8 orang yang dicopot telah melanggar AD/ART KNPI.

Menyoal pencopotan Haris, Jackson Kumaat mengatakan, Haris telah melanggar AD/ART KNPI terkait tata kelola organisasi pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan, serta harta benda organisasi. Menurutnya, Haris tak pernah menjalankan salah satu amanah Kongres KNPI XV yakni melaksanakan rapat Majelis Pemuda Indonesia (MPI) sejak dua tahun kepemimpinannya.

====

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CN0C66gl-r0/

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210312192058-20-616885/kisruh-kepengurusan-knpi-sekjen-dan-waketum-dicopot

====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Deddy Helsyanto

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Sumber: turnbackhoax.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *