Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Foto Terowongan Penghubung Rafah-Mesir yang Ditemukan oleh Tentara Israel

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya foto terowongan tersebut bukan merupakan penghubung Rafa-Mesir, melainkan foto terowongan yang berada berada di bagian utara Gaza dan digunakan untuk menyerang masuk ke wilayah Israel oleh pasukan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/hpdnx (arsip)

===========

[NARASI]:

Salah satu dari 50 terowongan seukuran jalan tol yg menghubung kan Rafah ke Mesir telah ditemu kan tentara Israel. Penemuan ini menandai babak baru hubungan Mesir – Israel.

===========

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah postingan di media sosial X/Twitter yang membagikan sebuah klaim tentang penemuan terowongan penghubung antara Rafah dengan Negara Mesir yang ditemukan oleh seorang tentara dari Israel.

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar dengan menggunakan Yandex ditemukan hasil jika foto tersebut juga diunggah di situs Getty Images. Foto tersebut diambil oleh seorang fotografer bernama Noam Galai, ia juga mengunggah foto tersebut di Instagram pribadinya (@noamgalai).

Pada bagian keterangan foto disebutkan jika terowongan tersebut berada di bagian utara Gaza dan digunakan untuk menyerang masuk ke wilayah Israel oleh pasukan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika foto yang beredar mengenai terowongan penghubung Rafah-Mesir adalah informasi yang keliru, faktanya foto tersebut adalah terowongan yang menghubungkan Gaza Utara dengan Israel.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.gettyimages.fr/detail/photo-d%27actualit%C3%A9/view-inside-a-tunnel-that-hamas-reportedly-used-on-photo-dactualit%C3%A9/1914941256

https://www.instagram.com/p/C1zrH_8tISO/?igsh=ZDBpaHFhd3FjbXFi&img_index=5

//www.instagram.com/embed.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *