Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Gibran Mengamuk Akibat Adian Timses Ganjar Tunjukan Bukti Kecurangan Jokowi dalam Pemilu 2024

Published

on

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi yang disajikan dalam video tidak menjelaskan informasi yang sesuai pada judul. Narator hanya membacakan artikel pendapat Adian soal dugaan kecurangan Pemilu 2024 dan hak angket.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/laRRno1O-0I (arsip)

===========

[NARASI]: “GEMPAR SIANG INI || GIBRAN NG4MUK ADIAN TUNJUKKAN BUKTI KECURANGAN JOKOWI DI HAK ANGKET”

===========

[PENJELASAN]: Dalam unggahan video Youtube yang diunggah pada 23 Februari 2024 tersebut memberikan sebuah klaim pada judul mengenai Gibran mengamuk karena bukti kecurangan Pemilu terungkap. Adian Napitupulu politisi Partai PDI-P disebut mengungkapkan bukti kecurangan Pemilu 2024 yang melibatkan Presiden Jokowi.

Namun, setelah disimak isi dari video tersebut tidak ada pernyataan maupun informasi soal Gibran mengamuk. Dalam video tersebut narator hanya membacakan ulang dua artikel berita. Pertama, artikel yang diterbitkan oleh Viva.co.id dengan judul “Isu Kecurangan Pemilu Berujung Hak Angket, Adian : Rakyat Bingung Mau Ngadu Kemana” pada 21 Februari 2024. Artikel tersebut berisikan pendapat Adian terkait kejanggalan proses Pemilu 2024.

Kemudian narator juga membacakan artikel terbitan CNN yang berjudul “Adian Napitupulu PDIP: Hak Angket Solusi Usut Kecurangan Pemilu 2024” pada 21 Februari 2024. Artikel tersebut membahas mengenai pendapat Adian soal opsi hak angket untuk mengungkap dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Hingga akhir video tidak ditemukan sama sekali informasi yang membenarkan bahwa Gibran mengamuk karena Adian mengungkap bukti kecurangan Pemilu 2024l. Hingga dapat disimpulkan bahwa klaim tersebut tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://siap.viva.co.id/news/5529-isu-kecurangan-pemilu-berujung-hak-angket-adian-rakyat-bingung-mau-ngadu-kemana

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240221122258-617-1065424/adian-napitupulu-pdip-hak-angket-solusi-usut-kecurangan-pemilu-2024

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *