Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] HASTO KRISTIYANTO DISERET KE PENJARA AKIBAT MELAWAN JOKOWI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait Hasto Kristiyanto diseret ke penjara akibat melawan Jokowi. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1717983514.374372/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
MENGERIK4N:bangbang:AKIBAT MELAWAN JOKOWI, HASTO DISERET KE PENJARA

KABAR MENGGEMPARKAN
HASTO DISERET KE PENJARA AKIBAT MELAWAN PERINTAH JOKOWI

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Sekretaris Jendral Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto diseret ke penjara akibat melawan perintah Presiden Jokowi beredar dari channel youtube bernama ONE NATION.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi. Beberapa cuplikan yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari kompas.com berjudul “Hasto Curiga Ada “Orderan” di Balik Pemanggilannya ke Polda Metro Jaya”. Artikel ini membahas tentang Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mencurigai ada orderan pihak tertentu di balik pemanggilan dirinya ke Polda Metro Jaya pada Selasa 4 Juni 2024. Hasto dilaporkan terkait wawancaranya di sebuah stasiun televisi yang mengungkap dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Selanjutnya narator dalam video juga membacakan artikel dari kompas.com dengan judul “Dipanggil Ke Polda Metro Jaya karena Bicara di Media, Hasto PDI-P: Besok Saya Hadir”. Dalam artikel tersebut membahas tentang Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang dipanggil oleh Polda Metro Jaya untuk memberikan keterangan terkait pernyataannya di sebuah stasiun televisi nasional, Selasa, 4 Juni 2024.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto diseret ke penjara akibat melawan perintah Presiden Jokowi adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.kompas.com/read/2024/06/03/20094671/hasto-curiga-ada-orderan-di-balik-pemanggilannya-ke-polda-metro-jaya

https://nasional.kompas.com/read/2024/06/03/14035191/dipanggil-ke-polda-metro-jaya-karena-bicara-di-media-hasto-pdi-p-besok-saya

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *