Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Ibu Ida Dayak Bantu Pangeran Arab Belajar Berjalan

Published

on

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.
Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Ibu Ida Dayak membantu Pangeran Arab Saudi untuk belajar berjalan merupakan konten dengan koneksi yang salah. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Koneksi yang salah

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1681214857.884992/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “ALHAMDULILLAH – Pangeran Arab Sudah Mulai Belajar Berjalan Berkat Ibu Ida Dayak”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Catatan Seleb (https://www.youtube.com/@catatanseleb7762) pada 7 April 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Ibu Ida Dayak membantu Pangeran Arab belajar berjalan. Dalam unggahan disebutkan bahwa Pangeran Arab Saudi, Al-Waleed bin Talal, sedang mengalami koma selama 17 tahun pasca kecelakaan yang menimpanya pada 2005 silam.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi video. Hal itu disebabkan karena pada kenyataannya narator hanya menjelaskan mengenai sosok Ibu Ida Dayak dan sosok Pangeran Al-Waleed saja. Sepanjang video, tidak ada satu pun informasi mengenai Ibu Ida Dayak yang membantu sang pangeran belajar berjalan seperti yang tertulis pada judul unggahan.

Hingga saat ini pun, diketahui bahwa Pangeran Al-Waleed masih mengalami koma dan hidup dengan bantuan alat medis. Selama mengalami koma, ia pernah dua kali menggerakkan bagian tubuhnya, yakni pada periode 2019 dan 2020. Pihak keluarga sendiri pun masih terus berharap atas kesembuhan sang pangeran.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Catatan Seleb merupakan konten dengan koneksi yang salah.

=======

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5257144/cek-fakta-hoaks-kabar-ida-dayak-sembuhkan-pangeran-arab-saudi-yang-17-tahun-koma
https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230408162443-33-428231/kisah-lengkap-pangeran-arab-yang-koma-18-tahun-penuh-haru

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *