Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] JUARA YG SATU INI SOK NKRI, TAPI ACUNGKAN SYAL BENDERA LGBT

Published

on

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya yang dibentangkan Ganjar adalah kain ulos pemberian salah satu warga yang menyaksikan kegiatan Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022 yang diselenggarakan di Istana Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[NARASI]: JUARA YG SATU INI SOK NKRI, TAPI ACUNGKAN SAL BENDERA LGBT,……..
BUKAN PAKAI BENDERA MERAH PUTIH SEPERTI JUARA LAINNYA YG BANGGA DGN BENDERA INDONESIA..

LGBT SOK NKRI………………
NKRI TULEN………………….

====

[PENJELASAN]:
Akun twitter bernama @Mars_Sahsa membagikan cuitan disertai gambar Ganjar Pranowo yang membentangkan kain ulos dan Jonathan Christie yang membentangkan bendera merah putih saat merayakan kemenangan pada final Thomas Cup 2020. Dalam narasi akun tersebut mengklaim bahwa Ganjar Pranowo acungkan syal bendera LGBT sedangkan Jonathan Christie bangga membentangkan bendera Indonesia.

Melansir kompas.com, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti kegiatan Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022 yang diselenggarakan di Istana Maimun, kota Medan, Sumatera Utara.

Sebelum memasuki garis finish, Ganjar berlari sambil mengangkat kain ulos hasil pemberian salah satu warga yang menyaksikan kegiatan tersebut. Ganjar mengatakan antusiasme warga Medan dalam menyambut gelaran Borobudur Marathon sangat luar biasa.

“Tadi, saya kasih ulos pada Pak Ganjar karena sangat mengidolakan beliau. Ibu saya juga mengalungkan ulos ke Ibu Atikoh. Ini bentuk cinta dan hormat kami pada mereka. Kami tahu Pak Ganjar ikut lari, makanya kami ke sini dan ratusan warga sudah berkerumun di dekat pintu masuk Istana Maimun. Mereka sengaja datang pagi-pagi sekali untuk bertemu dengan Ganjar,” kata Eryza.

Berdasarkan penelusuran, klaim bahwa Ganjar Pranowo bentangkan syal bendera LGBT adalah salah dan termasuk konten yang menyesatkan.

Referensi:
https://medan.kompas.com/read/2022/09/25/125821378/finish-bawa-kain-ulos-ganjar-sebut-antusiasme-warga-medan-di-borobudur

https://www.liputan6.com/news/read/5079613/finish-friendship-run-di-istana-maimun-ganjar-terima-kain-ulos-dari-penggemar

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *