Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Korea Selatan Bela Indonesia Setelah Disahkannya Gol Irak di Piala Asia 2023

Published

on

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Korea Selatan membela Timnas Indonesia setelah disahkannya gol kontroversial Irak dalam pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706610543.492322/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Terimakasih Korea!! Bantu Indonesia Permalukan Qatar Atas Wasit VAR Curang di Piala Asia Semalam | KRITIK TAJAM KOREA UNTUK VAR PIALA ASIA, PERMALUKAN QATAR LAYANGKAN TUNTUTAN”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @tth_gabrilofficial mengunggah video dengan klaim bahwa Korea Selatan membantu Indonesia untuk mempermalukan Qatar setelah disahkannya gol kontroversial Irak dalam Piala Asia 2023. Selain itu, media Korea Selatan juga membela Indonesia dan mengkritik penyelenggara karena telah merugikan Indonesia.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan bukti kredibel mengenai pembelaan Korea Selatan kepada Indonesia atas disahkannya gol Irak di Piala Asia 2023 seperti yang diklaim pada unggahan.

Best Eleven, media Korea Selatan yang diklaim membela Timnas Indonesia dan mengkritik penyelenggara Piala Asia 2023 nyatanya hanya memberitakan mengenai kronologi gol kontroversial berbau offside milik Irak. Selain itu, dalam artikel milik Best Eleven, diberitakan pula mengenai protes yang dilakukan Indonesia kepada penyelenggara pertandingan.

Sumber: Best Eleven

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @tth_gabrilofficial merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.besteleven.com/news/articleView.html?idxno=222608

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *