Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Lima Menteri Dipecat Karena Sekongkol Dalam Kasus Panji Gumilang

Published

on

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim lima menteri Jokowi dipecat karena terbukti sekongkol dengan Panji Gumilang konten yang menyesatkan. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa adanya pemecatan lima menteri atas kasus Panji Gumilang.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1690602234.350539/singlefile.html

====
[NARASI]: “GEGER MALAM INI || 5 MENTRI JOKOWI DIPEC4T, TERBUKTI IKUT SEK0NGKOL DIKASUS PANJI GUMILANG”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Kabar News” mengunggah video dengan klaim bahwa terdapat lima menteri di kabinet Jokowi yang dipecat karena terbukti sekongkol dengan kasus Panji Gumilang. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas mengenai keterlibatan seorang pengacara sekaligus selebriti Pablo Benua yang mengaku siap membiayai seluruh biaya operasional Ponpes Al-Zaytun.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait pemecatan lima menteri dalam kasus Panji Gumilang. Lebih lanjut narasi dalam video berdurasi 8 menit tersebut identik dengan artikel milik tvonenews.com berjudul “Berbondong-bondong Pasang Badan Untuk Al Zaytun, ini Sosok-sosok yang Getol Dukung Ponpes Pimpinan Panji Gumilang, Ada yang Rela Tanggung Keuangannya” dan diupload 25 Juli 2023.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.tvonenews.com/berita/139795-berbondong-bondong-pasang-badan-untuk-al-zaytun-ini-sosok-sosok-yang-getol-dukung-ponpes-pimpinan-panji-gumilang-ada-yang-rela-tanggung-keuangannya

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *