Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Megawati Akui Kemenangan Prabowo-Gibran

Published

on

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, video yang menyatakan bahwa Megawati mengakui kemenangan Prabowo-Gibran tidak benar. Video tersebut mirip dengan video yang diunggah oleh kanal Youtube Kompas TV tahun 2019. Selain itu, dalam video tidak ada perkataan Megawati yang mengakui kemenangan Prabowo-Gibran.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konteks yang salah

====
[SUMBER] Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/zSXN6

====
[NARASI]
“akhirnya damai. kami ikut senang, pada akhirnya semua legowo ibu Mega mengakui kemenangan Prabowo-Gibran. Alhamdulillah kembali bersatu, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”.

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di tiktok memperlihatkan Ketua Umum Partai PDIP, Megawati yang sedang berpidato. Dalam video ini Megawati terlihat mengucapkan terima kasih dengan Prabowo. Selain itu, terdapat narasi yang menerangkan bahwa video ini Megawati telah mengakui kemenangan Prabowo-Gibran.

Setelah ditelusuri, dilansir dari Kompas.com video ini serupa dengan video yang diunggah Kompas TV di kanal Youtubenya pada 17 April 2019. Video yang diklaim di atas ternyata bukan berisi pengakuan Megawati atas kemenangan Prabowo-Gibran melainkan ucapan terima kasih kepada Prabowo yang mengintruksikan pendukungnya agar tidak terprovokasi pihak tertentu di pemilihan presiden tahun 2019.

Pada video sebenarnya pernyataan yang disampaikan Megawati yaitu
” Saya tadi ikut mendengarkan juga pidato dari Pak Prabowo. Yang saya lihat sebagai teman beliau, saya ingin juga mengucapkan terima kasih banyak karena beliau telah mengintruksikan untuk jangan terpengaruh, terprovokasi dan harus juga bersama-sama menjaga untuk tidak terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan. Jadi memang itulah yang namanya demokrasi Indonesia. Jadi kita boleh saja berbeda tapi kita tetap merupakan warga bangsa. Jadi saya kira mungkin itu yang ingin saya sampaikan, kita masih menunggu sampai ada hasil dari KPU”.

Dengan demikian, video yang beredar dengan menyertakan narasi bahwa Megawati mengakui kemenangan Prabowo-Gibran tidaklah benar.

====
[REFERENSI]

https://youtu.be/SzNdWkdHn00?si=6IiPnuW8sOlcE4nC

https://amp.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/07/094418382/hoaks-video-megawati-mengakui-kemenangan-prabowo-gibran

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *