Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Oman Bantu Indonesia Usut Kecurangan Wasit di Piala Asia 2023

Published

on

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Oman akan membantu Indonesia untuk mengusut tuntas kecurangan wasit di Piala Asia 2023 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Setelah Timnas Indonesia, Kini Giliran Timnas Oman Dirugikan VAR di Piala Asia”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706681671.03224/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Kali Ini AFC Dipermalukan Oman Gara² VAR Lagi !! Siap Bantu Indonesia Usut Kasus Wasit Curang? | TUAN RUMAH QATAR BIKIN MALU LAGI, KALI INI OMAN JADI KORBAN SIAP BANTU INDONESIA USUT TUNTAS WASIT CURANG”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @tth_gabrilofficial pada 18 Januari 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Oman siap membantu Indonesia untuk mengusut tuntas kasus kecurangan wasit di Piala Asia 2023. Adanya kasus ini tidak hanya mempermalukan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sebagai penyelenggara pertandingan, namun juga mempermalukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Viva berjudul “Setelah Timnas Indonesia, Kini Giliran Timnas Oman Dirugikan VAR di Piala Asia”.

Sumber: viva.co.id

Diketahui bahwa setelah Timnas Indonesia, kini Timnas Oman juga dirugikan oleh VAR saat menghadapi Arab Saudi di laga perdana Piala Asia 2023. Hal tersebut terjadi ketika Ali Al Bulayhi berhasil mencetak gol kemenangan Arab Saudi atas Oman di menit ke 90+6 dan skor berubah menjadi 2-1 untuk Arab Saudi. Meski sebelumnya hakim garis telah mengangkat bendera offside, namun wasit utama melalui VAR tetap mengesahkan gol tersebut. Akhirnya, sempat terjadi protes dari beberapa pemain Timnas Oman.

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai bantuan Oman kepada Indonesia untuk mengusut kasus kecurangan wasit di Piala Asia 2023 seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @tth_gabrilofficial merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.viva.co.id/bola/bola-sejagat/1678529-setelah-timnas-indonesia-kini-giliran-timnas-oman-dirugikan-var-di-piala-asia?page=all

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *