Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Pijat Kaki dan Tekan Beberapa Titik Telapak Kaki dengan Batu Sembuhkan Kolesterol

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya para ahli melalui beberapa media membantah klaim tersebut. Dekan Fakultas Kedokteran UI, Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa tindakan tersebut hanya untuk relaksasi, tidak tepat untuk menurunkan kadar kolesterol. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719214566.811084/index.html

= = =

Narasi:

“Kolesterol Sembuh!!”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan cara memijat kaki yang diklaim dapat menyembuhkan kolesterol. Terlihat dalam video kaki penderita kolesterol perlu dipijat dan ditekan dengan batu pada beberapa titik bagian telapak kaki.

Namun setelah ditelusuri dengan Google Lens dan mesin pencarian Google, klaim tersebut menyesatkan. Hasil pencarian dengan Google Lens, ditemukan artikel berita AntaraNews yang menyebut bahwa klaim tersebut tidak benar. Melalui AntaraNews, Dekan Fakultas Kedokteran UI, Ari Fahrial Syam menyebut bahwa tindakan tersebut tidak tepat untuk menurunkan kadar kolesterol. Tindakan tersebut juga tidak dikenal dalam bidang kedokteran.

“Kita tahu, memang ada terapi alternatif seperti refleksi pada kaki. Tapi sekali lagi, hanya untuk relaksasi. Kalau bicara penyakit, (klaim bahwa) kadar kolestrol atau asam urat akan turun (dengan pemijatan) maka tidak tepat,” kata Ari seperti yang dikutip dari AntaraNews pada Februari 2023.

Hasil mesin pencarian Google ditemukan artikel Tempo.co yang menyebut bahwa klaim tersebut belum terbukti secara medis. Dokter penyakit dalam RS Eka Hospital BSD, Rudy Kurniawan kepada Tempo pada Mei 2023 menyebut bahwa pijat kaki tidak dapat menyembuhkan kolesterol.

Dilansir dari Tempo.co, pada laman resmi Harvard Medical School menyebut bahwa pijat kaki dapat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi, merangsang otot, mengurangi ketegangan, hingga meredakan nyeri. Namun tidak menjelaskan dapat menyembuhkan atau mengurangi kadar kolesterol.

Dengan demikian, pijat kaki telapak kaki dapat sembuhkan kolesterol adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://lens.google.com/search?ep=gsbubb&hl=id&re=df&p=AbrfA8rFT-df5gYgPk_lQaLt3atzE1IY5QUYBGcxQqOyMvECZ8k7M_ian_UW9Q9DCsCJpQubzE_GZRi0WI-loElrV5zU7b1tATDTw35VPMzq_K8uXG2D1a0GtuglwQOilFU7sJkDmiaJLVMuCCliGW__7TOcEKRXhfQoDtQwRL-oUkdI1TnJACk07VA9oSnYkxaZ6otzJkps4zYqyQ%3D%3D#lns=W251bGwsbnVsbCxudWxsLG51bGwsbnVsbCxudWxsLG51bGwsIkVrY0tKR00yWldZeFpqVmhMVFJoTmpZdE5EQmlPQzFoWkdNMkxXTTBPVEJpT0dFME1EWmtNQklmV1hkYVpYWTVZVTR4VlUxVWMwWldkMUYzZG5veE4waHRRMGcwVTBOQ2F3PT0iLG51bGwsbnVsbCxudWxsLG51bGwsbnVsbCxudWxsLG51bGwsWyJiOThmNzU2ZS0xYTliLTRmYTEtYjgxNi0wMjNhY2YwMzlhNWUiXV0=

https://www.antaranews.com/berita/3399255/misinformasi-pijat-kaki-mampu-sembuhkan-kolestrol

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2280/belum-ada-bukti-klaim-pijat-kaki-dengan-batu-sembuhkan-kolesterol

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *