Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Mengikuti Acara Gay Pride di New York pada 1999

Published

on

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Hasil foto suntingan. Pada foto asli, pria berambut afro hitam memiliki wajah yang berbeda dengan Presiden Zelensky dan foto tersebut diambil di New York tahun 2006, bukan 1999.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1663958427.238047/singlefile.html

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“#Zelensky, New York, 1999. Hari ini dia menikah dengan bahagia dan meminta uang dari Italia, berkat dukungan dari teman-teman globalis, setan, pedofil, dan kaum “penyuntikan””.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @PopuliNon menyebarluaskan foto dua pria yang berpose pada acara Gay Pride, di mana salah satu pria di foto tersebut diklaim sebagai Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Pengguna Twitter tersebut juga menambahkan informasi bahwa foto tersebut diambil di New York tahun 1999.

Cuitan yang ditulis pada 14 September tersebut telah disukai oleh 522 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang sebanyak lebih dari 300 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan hasil suntingan. Foto yang asli telah beredar di Flickr, dan foto tersebut diambil oleh Thomas Hobbs. Pada foto asli, terlihat bahwa wajah pria berambut afro hitam bukanlah wajah Presiden Volodymyr Zelensky. Terlebih lagi, foto yang asli diambil saat acara Gay Pride di New York pada tahun 2006, bukan 1999.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun Twitter @PopuliNon merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.flickr.com/photos/22185138@N00/430092297

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *