Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Sampul Majalah Tempo “SANG DALANG PERUSAK BHINNEKA”

Published

on

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Hoaks lama yang kembali beredar. Faktanya, pihak Tempo menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan majalah dengan sampul tersebut. Narasi serupa sebelumnya juga pernah beredar pada tahun 2020 dan 2021 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/buboa

= = = = =

NARASI:

“Jadi inget berita tempo doeloe..
Yg kayaknya masih releven deh..”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “LanangJagad31” mengunggah sebuah gambar sampul majalah Tempo dengan judul “SANG DALANG PERUSAK BHINNEKA”. Unggahan tersebut juga disertai keterangan bahwa gambar tersebut merupakan sampul majalah Tempo yang pernah diterbitkan beberapa waktu yang lalu.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Pihak Tempo menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan majalah dengan sampul tersebut. Adapun edisi majalah yang terbit pada periode waktu yang sama berjudul “OUTLOOK EKONOMI 2021: SAATNYA BERUBAH”.

Lebih lanjut, narasi serupa sebelumnya juga pernah beredar pada tahun 2020 dan 2021 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Cover Majalah Tempo Berjudul “SANG DALANG PERUSAK BHINNEKA”” yang diunggah pada 10 Desember 2020, serta artikel berjudul “[SALAH] Sampul Majalah Tempo Berjudul “SANG DALANG PERUSAK BHINEKA”, edisi 7-13 Desember 2020” yang diunggah pada 17 November 2021.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “LanangJagad31” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1137/keliru-cover-majalah-tempo-berjudul-sang-dalang-perusak-bhinneka

https://turnbackhoax.id/2020/12/10/salah-cover-majalah-tempo-berjudul-sang-dalang-perusak-bhinneka/

https://turnbackhoax.id/2021/11/17/salah-sampul-majalah-tempo-berjudul-sang-dalang-perusak-bhineka-edisi-7-13-desember-2020/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.