Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Ukraina Tembak Rudal ke Jet Tempur Sendiri

Published

on

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa Ukraina menembakkan rudal ke jet tempur MIG-29 miliknya selama periode gencatan senjata dalam rangka perayaan Natal Ortodoks adalah konten yang menyesatkan. Faktanya, tidak ada kesepakatan gencatan senjata yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Selain itu, potongan-potongan video yang diklaim sebagai situasi perang dalam unggahan tersebut juga merupakan cuplikan yang diambil dari Game Arma 3.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1673855790.394686/singlefile.html (Facebook)

====

[NARASI]: “Dipermainkan Rusia, Ukraina Tak Sadar Tembakkan Rudal Ke Jet Tempur Sendiri”

====

[PENJELASAN]:

Pada 12 Januari 2023, akun Facebook Okuneva (https://web.facebook.com/profile.php?id=100084704882331) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Ukraina telah menembakkan rudal ke jet tempur MIG-29 miliknya sendiri pada 8 Januari 2023. Diketahui bahwa selama 36 jam, terhitung sejak 7 Januari 2023, Rusia dan Ukraina tengah dalam mode gencatan senjata dalam rangka memperingati Hari Raya Natal Ortodoks. Selama periode gencatan senjata, Ukraina tetap menembaki pemukiman milik Rusia, sementara itu beberapa pesawat Rusia juga masih sering berlalu-lalang di langit Ukraina.

Setelah dilakukan penelusuran, nyatanya tidak ada kesepakatan gencatan senjata yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Presiden Rusia, Vladimir Putin, awalnya memang telah memerintahkan agar pasukannya melakukan gencatan senjata selama 36 jam yang dimulai sejak 6 Januari 2023. Adanya perintah tersebut berasal dari keinginan Patriarch Kirill selaku pemimpin Gereja Ortodoks Rusia yang meminta Putin melakukan gencatan senjata agar umat bisa menghadiri perayaan Natal Ortodoks. Namun, keinginan tersebut ditolak mentah-mentah oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky yang menganggap bahwa gencatan senjata hanya akal-akalan supaya Ukraina berhenti bergerak maju.

Dalam unggahan akun Facebook Okuneva tersebut juga memperlihatkan cuplikan video yang diklaim sebagai situasi perang Rusia-Ukraina. Namun pada kenyataannya, potongan-potongan video itu merupakan cuplikan dari Game Arma 3, sebuah game simulator perang yang dikembangkan oleh Bohemia Interactive, perusahaan game asal Ceko.

Salah satu tampilan dalam Game Arma 3 (Sumber: https://www.youtube.com/@ComparedComparison)

Selain itu, klaim bahwa Ukraina telah menembakkan rudal ke jet tempur MIG-29 miliknya juga merupakan informasi yang salah. Dikutip dari channel YouTube Tribunnews (https://www.youtube.com/@tribunnews), Juru Bicara Kemenhan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov pada 15 Juli 2022 lalu menyebutkan bahwa Rusia-lah yang telah menjatuhkan jet tempur MIG-29 milik Ukraina. Selain itu, Rusia juga telah menembak jatuh 2 pesawat serang darat MU-25 milik angkatan udara Ukraina.

====

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/global/read/5172939/ukraina-tolak-gencatan-senjata-rusia-di-natal-januari-2023
https://www.youtube.com/watch?v=_qmcJXrCgvE
https://www.liputan6.com/tekno/read/4903889/game-arma-3-jadi-bahan-hoaks-soal-perang-ukraina-rusia

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *