Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] VERIFIKASI NOMOR TELEPON UNTUK MELINDUNGI AKUN PAJAK OLEH DITJEN PAJAK

Published

on

Hal tersebut dinyatakan hoaks. Ditjen Pajak telah melakukan klarifikasi melalui akun X @DitjenPajakRI.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: EMAIL

===

NARASI:

“Yth.

Da1am waktu dekat, semua akun pajak wajib memverifikasi # telepon pada dokumen.

Memverifikasi nomor telepon memakan waktu tidak lebih dari dua menit, dan hal ini akan membantu kami untuk melindungi akun Anda dari tindakan penipuan

Masuk dan pilih Nomor Telepon. Masukkan atau perbarui nomor telepon pada dokumen dan kemudian masukkan kode yang dikirimkan ke nomor telepon Anda untuk menyelesaikan proses verifikasi. “

===

PENJELASAN: Beredar narasi yang dikirimkan oleh sebuah Email berisi informasi seputar Ditjen Pajak yang melakukan verifikasi nomor telepon. Disebutkan jika verifikasi ini nantinya berguna untuk melindungi akun pajak masyarakat.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui jika informasi tersebut tidak benar. Melansir dari akun X @DitjenPajakRI, ditegaskan jika Email yang beredar bukan berasal dari Ditjen Pajak. Masyarakat diimbau untuk mengabaikan Email seperti halnya yang beredar.

“Hi, #KawanPajak Model email seperti ini adalah penipuan ya, #KawanPajak. Email resmi DJP hanya menggunakan domain http://pajak.go.id” pungkas Ditjen Pajak melalui akun X resminya.

Berdasar seluruh referensi, narasi yang beredar seputar verifikasi nomor telepon untuk melindungi akun pajak oleh Ditjen Pajak adalah TIDAK BENAR. Email tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

//platform.twitter.com/widgets.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *