Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video Anies Baswedan Memutuskan Menjadi Gamers Setelah Kalah Pilpres

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan hasil manipulasi, ditemukan video asli yang menunjukkan Anies berbicara mengenai sebuah perjuangan untuk mencapai puncak diperlukan pendakian terlebih dahulu.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: YouTube

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719556619.832154/index.html

= = =

Narasi:

“Pak Anies Baswedan Mau jadi Gamers, Mau main Honor Of Kings”

“dengan kekalahan saya pada pemilu presiden yang lalu saya memutuskan untuk menjadi gamer Untuk itu saya akan memperkenalkan game yang saya mainkan yaitu honor of Kings ini adalah game moba mobile yang sangat kompleks dan pastinya disukai banyak orang game ini tentunya sangat ramai bukan cuma di Asean tapi di seluruh dunia bahkan galaksi game ini juga sangat cocok dimainkan oleh orang awam karena sudah terdapat bahasa Indonesia yang sangat keren tidak baku dan kaku Untuk itu saya harap kepada masyarakat Indonesia untuk bersatu padu untuk mendownload game honor of kings”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di YouTube yang menunjukkan Anies Baswedan memutuskan untuk menjadi gamers setelah kekalahan pada Pilpres yang lalu.

Setelah ditelusuri dengan menggunakan Google Lens, ditemukan video yang telah terpublikasi pada kanal YouTube Medcom.id pada 11 November 2023. Namun dalam video tersebut Anies tidak mengaku akan menjadi gamers, Anies berpidato pada HUT NasDem dan berbicara mengenai sebuah perjuangan untuk mencapai puncak diperlukan pendakian terlebih dahulu.

Audio dalam video telah dimanipulasi dengan suara buatan AI, setelah diperiksa pada laman AI ElevenLabs ditemukan hasil bahwa 92% audio dalam video tersebut telah dibuat dengan AI ElevenLabs.

Dengan demikian, video Anies Baswedan mengaku akan menjadi gamers setelah kalah Pilpres adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *