Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video “dilakukan secara masal – malaysia – ucrania”

Published

on

MENYESATKAN. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel tentang konflik Rusia vs Ukraina dengan mengganti bagian-bagian tertentu mengaitkan dengan Indonesia dan Malaysia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/AXyiT (arsip cadangan).

NARASI: “dilakukan secara masal – malaysia – ucrania – dunia militer update – berita terkini #duniamiliterupdate #duniamiliter #militer #australiavsindonesia #pulaupasir #jokowi #rusia #rusiavsukraina #prabowo #ukraina #berita #beritaterbaru #beritaterkini #ucrania”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel tentang konflik Rusia vs Ukraina dengan mengganti bagian-bagian tertentu mengaitkan dengan Indonesia dan Malaysia.

Verifikasi Video

Potongan video yang digunakan oleh SUMBER faktanya adalah video latihan, salah satu video yang identik oleh Akram Aziz di YouTube: “Latihan menembak Angkatan Tentera Malaysia (ATM), dijayakan bersama unit TLDM, TUDM dan beberapa agensi lain. Bertempat di Tanjung Hantu, Perak. 6 unit ASTROS menembak ke sasaran ditetapkan.” [2]

Artikel yang dibacakan, VIVA.co.id: “Pergerakan pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) di Severodonetsk, Oblast (Provinsi) Luhansk, dipastikan tak bisa diadang unit militer Ukraina. Dalam kontak senjata yang terjadi dalam 24 jam terakhir, militer Rusia berhasil mengepung ribuan tentara Ukraina.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Salah satu potongan video lainnya yang digunakan, salah satu video yang identik oleh Official iNews di YouTube: “Latihan Perang Kota Korps Marinir Angkatan Laut di Sidoarjo #iNewsMalam 07/11” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Latihan Menembak Sistem Roket Lancar Berganda menggunakan ASTROS”, https://bit.ly/401gtY7 / https://archive.ph/m4umf (arsip cadangan).

[3] viva.co.id: “Menyerah atau Mati, Ribuan Tentara Ukraina Dikepung Pasukan Rusia”, http://bit.ly/3HtZNkQ / https://archive.ph/LNDyx (arsip cadangan).

[4] youtube.com, https://bit.ly/3JaVCeN / https://archive.ph/oGP2y (arsip cadangan).

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *