Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video Seorang Tentara Ukraina yang Berumur 16 Tahun

Published

on

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Pada video yang terlampir, remaja Ukraina tersebut berusia 23 tahun, bukan 16 tahun, dan tidak ada aturan di Ukraina yang memaksa remaja berumur 14 โ€“ 16 tahun untuk ikut bergabung di angkatan bersenjata Ukraina.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Artikel riafan.ru
https://archive.ph/WBd8E

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

โ€œPejuang pasukan khusus GRU: tentara berusia 16 tahun bergabung dengan barisan Angkatan Bersenjata Ukrainaโ€.

โ€œAngkatan Bersenjata Ukraina mengirim tentara muda berusia 14 โ€“ 16 tahun ke garis depan. Ini diceritakan oleh seorang prajurit dari Brigade Tujuan Khusus Pengawal Terpisah ke-3 dari Direktorat Utama Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia โ€˜Ukropโ€™โ€.

=====

Penjelasan:
Sebuah media Rusia bernama riafan.ru menerbitkan berita yang berjudul โ€œGRU special forces fighter: 16-year-old soldiers joined the ranks of the Armed Forces of Ukraineโ€ dan menulis klaim bahwa pemerintah Ukraina memaksa warganya yang baru berumur 14 -16 tahun untuk bergabung dengan angkatan bersenjata Ukraina. Berita tersebut juga dilengkapi dengan video yang memperlihatkan seorang tentara Ukraina yang diklaim masih berumur 16 tahun.

Berita tersebut ditulis pada 15 November lalu, dan telah dibagikan beberapa kali di berbagai platform media sosial.

Berdasarkan hasil penelusuran, berita tersebut menyesatkan. Seorang wartawan dari program televisi Ukraina ะ’ั–ะบะฝะฐ-ะฝะพะฒะธะฝะธ (Unified News) mewawancarai langsung remaja yang ada di video tersebut yang bernama Yelyzaveta. Hasil dari wawancara tersebut mengungkapkan bahwa Yelyzaveta berumur 23 tahun, bukan 16 tahun.

Video Yelyzaveta yang menyatakan umurnya 23 tahun juga telah diunggah di laman YouTube resmi Unified News dengan judul โ€œShe is 14 years old and she is โ€œsitting on a needle?โ€ Paramedic of the Armed Forces of Ukraine dispelled PROPAGANDAโ€™s myths about herselfโ€.

Selain itu, berdasarkan UU โ€œWajib Militer dan Dinas Militerโ€ Ukraina yang disahkan pada 25 Maret 1992 no. 2232-XII (Article 15) menjelaskan bahwa warga negara Ukraina yang ikut wajib militer harus di atas 18 tahun.

Dengan demikian, berita yang ditulis media Rusia riafan.ru berjudul โ€œGRU special forces fighter: 16-year-old soldiers joined the ranks of the Armed Forces of Ukraineโ€ merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=JFTc_x3VYoA

https://zakon.rada.gov.ua/laws/show/2232-12#Text

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *