Connect with us

Pemerintahan

Wapres Minta Seluruh Komponen Ekosistem Zakat Diorkestrasi

Jakarta, Kabarpolitik.com – Sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelola zakat secara nasional, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) harus aktif berperan mengupayakan penguatan ekosistem zakat nasional. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta seluruh ekosistem zakat perlu diharmonisasi.

“Komponen ekosistem zakat perlu diorkestrasi, diharmonisasikan, dan dikuatkan perannya, agar makin selaras dan saling mendukung dalam optimalisasi pengelolaan zakat, agar penguatan ekosistem zakat ke depan semakin baik,” ungkap Wapres pada Penganugerahan Baznas Award 2023 di Puri Agung Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta Pusat, Selasa (21/03/2023).

Lebih lanjut, Wapres pun memaparkan tiga arahan agar penguatan ekosistem zakat ke depan dapat lebih baik. Pertama, Wapres meminta agar acara BAZNAS Awards 2023 dapat menghasilkan aksi nyata yang dapat diimplementasikan di lapangan.

“Perhelatan ini hendaknya tidak berhenti pada ajang apresiasi bagi pemangku kepentingan yang mendukung dan mendorong kebangkitan zakat di tanah air,” papar Wapres.

Keberlanjutan aksi ini, lanjut Wapres, juga harus dimonitor pelaksanaannya oleh seluruh pihak terkait baik dari pusat, daerah, muzaki, mustahik, kalangan media, hingga publik figur.

“Untuk itu, keberlanjutan perannya harus dijaga dan dijadikan sebagai role model untuk direplikasi oleh pihak-pihak lainnya,” pintanya.

Kedua, Wapres menekankan pentingnya pengembangan strategi penguatan ekosistem zakat nasional. Karena, strategi merupakan kunci utama keberhasilan agar penerapan rencana aksi dapat tepat sasaran.

“Agar disusun strategi penguatan dari masing-masing komponen ekosistem zakat tersebut,” ujar Wapres.

“Salah satunya, saya minta sertifikasi kompetensi amil zakat agar terus diperbanyak. Sebagai komponen utama ekosistem zakat, sertifikasi ini akan menambah kepercayaan muzaki karena dana zakatnya dikelola oleh pihak yang professional,” tambahnya.

Ketiga, perlu dilakukan kolaborasi dan sinergi program dengan pemangku kepentingan terkait.

“Ini adalah langkah yang tepat. Saya minta program strategis dan kolaboratif yang betul-betul memperkuat tiap unsur dari ekosistem zakat nasional, agar segera dipetakan dan disusun,” pungkas Wapres. (RN, rls)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *