Connect with us

Internasional

Cristiano Ronaldo Kembali Sumbang Rp 21,7 Miliar Untuk Palestina? Cek Faktanya

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Bintang Timnas Portugal yang kini merumput bersama klub Italia, Juventus baru-baru ini dikabarkan memberikan sumbangan kepada Palestina senilai Rp 21,7 Miliar.

Kabar mantan megabintang Real Madrid itu menyisihkan gajinya beredar luas di beberapa grup media sosial diserta link berita salah satu media online. “Demi Palestina, Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar”,” bunyi artikel yang dibagikan tersebut.

Sejatinya, berita media online itu telah tayang pada 22 mei 2019 namun kembali beredar baru-baru ini. Faktanya, setelah ditelusuri melalui situs turnbackhoax.id, berita itu sudah ada Pada 28 Mei 2019, AFP menerbitkan artikel yang memuat bantahan dari manajemen Cristiano Ronaldo.

“Itu keliru, sama seperti cerita lain yang dipublikasikan tentang Cristiano Ronaldo,” ujar Gestifute, perusahaan manajemen pemain sepak bola, termasuk Cristiano Ronaldo, kepada AFP.

Adapun isi dari artikel media online yang menyebarkan berita eks Manchester United menyumbangkan uang kepada Palestina pada tahun 2012 lalu. Klaim bahwa Cristiano Ronaldo, telah menyumbangkan US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,7 miliar untuk Palestina pernah diberitakan oleh sejumlah media, baik Indonesia maupun luar negeri.

Penjelasan dari Gestifute juga dimuat oleh Associated Press. Menurut juru bicara Gestifute, klaim bahwa Cristiano Ronaldo menyumbangkan uangnya untuk Palestina saat Ramadan merupakan klaim yang keliru. “Dia mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo sering menjadi subyek laporan palsu yang serupa,” tulis Associated Press melalui artikelnya pada 25 Mei 2019.

Sementara menurut Associated Press, situs berita olahraga 9sportpro juga menurunkan artikel itu. Situs ini mengklaim bahwa artikel tersebut diambil dari Infoshqipmedia. Dari situs-situs inilah, informasi keliru mengenai Cristiano Ronaldo yang menyumbang untuk Palestina terus beredar hingga sekarang.

Sementara foto artikel yang digunakan oleh media online yang menyebarkan berita ini kembali, terlihat Cristiano Ronaldo memegang bingkai bertuliskan kalimat Tauhid. Namun faktanya, foto itu adalah hasil olah digital dimana foto aslinya menunjukkan momen ketika Cristiano Ronaldo menerima pigura berisi foto dirinya dalam sebuah pertandingan.

Menurut situs media Italia, Gazeta Press, foto yang ada dalam pigura itu adalah momen ketika Cristiano Ronaldo pertama kali memakai ban kapten tim nasional Portugal. Saat itu, Portugal tengah melawan tim nasional Brasil dalam pertandingan persahabatan pada 2006.

Berdasarkan penelusuran diatas, klaim yang menyebut bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo, telah menyumbangkan US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,7 miliar untuk Palestina saat Ramadan merupakan klaim yang keliru, serta foto yang digunakan dalam artikel tersebut merupakan foto editan. Kesimpulanya, berit soal ayah angkat Martunis itu menyumbang lagi untuk Palestina [SALAH].[asa]

Source

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *