Connect with us

Daerah

Enos-Yudha Komitmen Wujudkan Kehidupan Sosial yang Rukun, Aman, dan Damai di OKU Timur

Published

on

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Lanosin Hamzah dan Adi Nugraha Purna Yudha, punya tujuan khusus mengikuti kontestasi Pilkada OKU Timur, 9 Desember mendatang.

Pasangan nomor urut satu ini ingin menjadikan OKU Timur sebagai kabupaten yang maju dan mulia. Demi mewujudkan visi tersebut, pasangan Enos-Yudha menyiapkan setidaknya delapan program unggulan. Selain menyentuh tata kelola pemerintahan, sektor pertanian, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi, pasangan Enos-Yudha juga menempatkan sektor sosial dan budaya sebagai bagian dari prioritas.

Menurut Enos, Lanosin Hamzah biasa disapa, bersama Adi Nugraha Purna Yudha ia berkomitmen mewujudkan suasana kehidupan sosial yang rukun, aman, dan damai. “Jika suasana semakin kondusif, maka rencana memajukan seluruh sektor akan mengikuti,” kata adik kandung Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru itu saat dihubungi dari kawasan Belitang, Rabu (7/10).

Jika dipercaya masyarakat untuk memimpin OKU Timur, Enos telah menyiapkan strategi khusus untuk meningkatkan rasa toleransi. Menurut Enos, sikap toleran menjadi kunci utama menumbuhkan rasa kebersamaan dan persatuan.

Enos memastikan akan terus menggaungkan dan mencontohkan sikap toleran kepada masyarakat. Caranya dengan tidak membeda-bedakan prioritas pembangunan, termasuk rencana menyejahterakan warga OKU Timur.

Menurut Enos, toleransi harus menjadi pedoman hidup di OKU Timur, menyentuh pemerintah kabupaten, tokoh agama, aparatur keamanan, juga masyarakat. “Toleransi harus menjadi pedoman hidup bagi semua pihak. Tidak hanya pemerintah, juga tokoh agama, aparatur keamanan, dan masyarakat harus ikut menanamkan nilai-nilai tersebut. Ini agar tercipta kehidupan masyarakat yang rukun dan damai. Saya yakin ini bisa kita lakukan,” tutur Enos.

Pasangan Enos-Yudha juga akan menyiapkan wadah untuk dijadikan tempat silaturahmi dan berkomunikasi antarwarga. Ini salah satu cara Enos-Yudha menumbuh dan meningkatkan toleransi di OKU Timur.

Selain itu, Enos juga akan berusaha meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat demi membuat kondisi di OKU Timur semakin kondusif. Caranya, bisa dilakukan dengan memasukkannya di pelajaran sekolah, menyentuh seluruh level pendidikan.

“Sikap nasionalisme penting untuk menjadikan lingkungan masyarakat semakin rukun dan damai. Rasa nasionalisme bisa menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, serta menghilangkan perbedaan. Nasionalisme bisa dimasukkan dalam materi pelajaran baik itu sekolah formal maupun non-formal,” jelas Enos.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *