Connect with us

Nasional

Ikut Sidang Umum PBB via Virtual, Gde Siriana: Jokowi Punya Rekor 5 Kali Absen

Fikri

Published

on

Kabarpolitik.com, JAKARTA– Direktur Indonesia Future Studies (Infus), Gde Siriana Yusuf menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru hadir di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Sejak menjabat presiden 2014 lalu, Jokowi memang selalu absen di Sidang Mejelis Umum tahunan PBB. Indonesia selalu diwakili Wapres Jusuf Kalla.

“6 tahun jadi Presiden, @jokowi satu-satunya kepala negara yang tidak pernah menginjakkan kaki di SU Tahunan PBB New York,” kata Gde Siriana di akun Twitternya, Jumat (18/9/2020).

Menurut Gde lima tahun absen di pertemuan dunia itu merupakan rekor tersendiri bagi Jokowi.

“5 tahun pertama absen berturut-turut & kini tahun ke-6 hanya pidato virtual karena Covid. Tapi di 5 sidang sebelumnya adalah catatan tersendiri & rekor itu kini masih bertahan,” sebutnya.

Tak sampai di situ, Gde mengandaikan ketidakhadiran Jokowi di SMU PBB sama dengan mahasiswa yang absen kuliah di kampus.

“Yang mau bela silahkan tapi woles aja…asal ingat aturan kampus, 3x gak hadir gak boleh ikut ujian. Belum ada sih aturan kalau 5x bolos,” candanya.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo akan menghadiri Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-75 secara virtual. Bahkan, Jokowi akan memberikan pidato di 23 September nanti.

“Sesi General Debate SMU PBB yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-29 September 2020, Insya Allah, Bapak Presiden akan berpartisipasi pada sesi ini dan akan menyampaikan statement secara virtual,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dikutip Jumat (19/9/2020).

(Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *