Connect with us

Daerah

Kembangkan Produk Lokal, Stella Dia Tatung Siap Gelar Pelatihan Barista Profesional

Lahat – Bisnis kedai dan kafe kopi makin berkembang pesat di Indonesia. Sayangnya, hal ini belum diimbangi ketersediaan tenaga barista yang menjadi salah satu profesi penting dalam industri kopi. Khusus di Sumatera Selatan yang merupakan penghasil kopi seperti Lahat dan Pagaralam, pelatihan pengolahan kopi akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan nilai jual produk andalannya.

Mencermati hal tersebut, Stella Dia Tatung berencana akan mengadakan pelatihan barista professional di berbagai daerah di Sumatera Selatan. Caleg DPRD Sumsel ini menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan bekal dasar menjadi barista yang diharapkan mampu memperluas kesempatan kerja baru.

“Potensi daerah yang cukup menjanjikan seperti kopi di beberapa daerah seperti Lahat dan Pagaralam harus diolah dan dikelola dengan maksimal. Salah satunya dengan memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada masyarakat khususnya anak muda dengan pelatihan barista ini” ungkapnya pada awak media, (3/3/2019).

Ditempat lain, Kepala Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK dan PKK) menjelaskan juga bahwa pelatihan barista professional menjadi salah satu pilihan pelatihan yang diminati karena profesi ini masih sangat dibutuhkan. Pelatihan barista tambanya, semakin diminati seiring berkembangnya industri kopi dan mewabahnya kafe dan kedai kopi di Indonesia. Hal itu memberi peluang kerja sebagai barista yang menjadi sebuah profesi baru yang cukup menjanjikan.

Caleg perempuan dari PDIP ini optimis dengan pelatihan barista di daerah dengan penghasil kopi terbaik akan secara otomatis mendongkrak perekonomian masyarakat sekaligus membuka peluang usaha baru. “Pelatihan ini sengaja saya rancang khusus untuk membuka kesempatan usaha kepada masyarakat dalam pengolahan kopi secara profesional. Sehingga kedepan kopi daerah dengan diracik oleh putra daerah mampu bersaing dan dinikmati oleh para pecinta kopi” tandasnya.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *