Connect with us

Internasional

Olimpiade Tokyo 2020 Dibatalkan Akibat Virus Corona?

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Desas-desus tentang pembatalan Olimpiade Tokyo 2020 membanjiri media sosial akhir-akhir ini. Hal itu disebabkan karena adanya kekhawatiran terkait merebaknya Virus Corona di China. Benarkah pesta olahraga terbesar sejagat ini akan dibatalkan?

Salah satu sumber informasi yang mengangkat isu pembatalan Olimpiade Tokyo Jepan ini diposting ‘Buzzap’, media local Jepang. Dalam artikelnya, media ini menyebutkan, Olimpiade Tokyo 2020 akan dibatalkan karena wabah koronavirus yang cenderung menginfeksi banyak orang. Berita ini, mengutip, mainichi, sudah diretweet lebih dari 50.000 kali, sejak diberitkan beberapa jam lalu.

Namun, menurutu panitia Olimpiade Tokyo 2020 dengan tegas membantah informasi tersebut, dan mengatakan jika berita yang diposting oleh “Buzzap!” pada, (29/1/2020) lalu hoaks.

Menurut panitia, berita yang dipostingini hasil laporan Deutsche Presse-Agentur usai pertemuan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengenai langkah-langkah melawan pneumonia. Artikel itu menyimpulkan bahwa wabah koronavirus mungkin memiliki dampak signifikan pada pertandingan Olimpiade.

Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralympic Tokyo mengatakan kepada Mainichi Shimbun, pihaknya tidak pernah mempertimbangkan pembatalan pesta olahraga ini. “Kami akan mempertimbangkan langkah-langkah (melawan virus) jika perlu,” tegasnya sekaligus membantah klaim berita ‘Buzzap’ ini.

Hiroyoshi Sunakawa, profesor teori media di Universitas Rikkyo di Tokyo, mengatakan, informasi hanya dari tajuk online (artikel) yang menyebar, menyulitkan informasi yang benar untuk disebarkan. Daripada menerima desas-desus palsu sebagai sesuatu yang tidak ada akibatnya, penting untuk menunjukkannya dalam setiap kasus,” beberanya.[asa]

Source

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *