Connect with us

Politik

Pansus RUU Daerah Kepulauan Jadi Platform Poros Maritim

Published

on

Jakarta: DPR RI mengesahkan Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang Daerah Kepulauan. Keputusan itu menjadi bentuk dukungan terhadap perwujudan pembangunan daerah kepulauan.

Dalam pemilihan itu, anggota DPR RI Edison Betaubun terpilih menjadi Ketua Pansus RUU Daerah Kepulauan. Penyerahan palu sidang dari Fahri kepada Edison menjadi simbolis penetapan pimpinan Pansus.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan, RUU Daerah Kepulauan merupakan salah satu upaya pemenuhan janji pemerintah. Hal ini mengingat daerah kepulauan merupakan salah satu fokus pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) melalui program poros maritim.

“Seperti tagline pemerintah poros maritim. Maka ini akan menjadi platform bagi pemerintah dalam memperjuangkan keadilan bagi daerah kepulauan kita,” kata Fahri saat memimpin rapat pemilihan pimpinan Pansus RUU Daerah Kepulauan keterangan tertulis, Kamis 6 September 2018.

Menurut Fahri, pembenahan daerah kepulauan membutuhkan payung hukum agar sarana dan prasarana komunikasi dan transportasi, termasuk transportasi laut yang menghubungkan antar pulau-pulau baik kecil maupun besar, tidak terbengkalai.

Politikus PKS itu pun berharap, pembahasan RUU Daerah Kepulauan segera rampung sebelum masa jabatan DPR 2014-2019 berakhir. Aturan itu nantinya bisa menjadi dasar pengalokasian anggaran yang berkeadilan bagi daerah-daerah kepulauan sebagai fondasi poros maritim.

“Penghitungan alokasi anggaran berdasarkan luas daratan tidak proporsional seperti yang selama ini terjadi, sebab di daerah kepulauan yang luas adalah lautnya, bukan daratan,” ungkap dia

Selain itu, Fahri ingin RUU Daerah Kepulauan dapat meminimalisir kegiatan ilegal, aktifitas perikanan yang tidak ramah lingkungan serta potensi ancaman stabilitas keamanan.

“Hal lain lagi yang sangat krusial adalah kawasan perairan tidak menjadi koefisien dalam variable perhitungan alokasi anggaran dari pemerintah pusat ke daerah,” pungkasnya.

Seperti diketahui, DPR RI telah menetapkan Pansus RUU tentang Daerah Kepulauan. Adapun daftar pimpinan Pansus RUU Daerah Kepulauan yaitu Edison Betaubun (F-PG), Mercy Chriesty Barends (F-PDI Perjuangan), Wenny Warouw (F-Gerindra) dan Amir Uskara (F-PPP).

(Des)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *