Connect with us

Internasional

Pemerintah Evakuasi 243 WNI Dari Wuhan, Dijadwalkan Tiba di Batam Malam ini

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim pemerintah sudah bergerak melakukan evakuasi sekitar 243 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Proses Evakuasi tersebut dikoordinasikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan menteri terkait.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengungkap rencana evakuasi WNI yang masih terjebak di provinsi Hubei, China. Para WNI sejak pekan lalu sudah memohon untuk segera dijemput pemerintah.

“Keberangkatan pesawat penjemput bersama tim akan dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam dengan pesawat berbadan lebar agar semua WNI yang bersedia di evakuasi dapat diterbangkan secara langsung tanpa melalui transit,” ujar Menlu Retno dalam konferensi pers, Jumat (31/1/2020).

Dari Informasi penerbangan yang tertera dalam Surat Permohonan Izin Prinsip Charter Flight Maskapai Batik Air Nomor A330. Sebanyak 243 WNI dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Sabtu (1/2/2020), pukul 19.00 WIB.

Pesawat tersebut akan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Wuhan kemudian terbang lagi menuju Kota Batam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmardji mengatakan, Pemerintah Kota Batam sedang membahas penerimaan WNI dari Wuhan itu. “Belum ada kepastian,” kata Didi yang dikonfirmasi, Jumat (31/1/2020) malam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Batam akan menjadi tempat mendarat pertama pesawat yang ditumpangi WNI dari Wuhan, China. Adapun untuk lokasi pasti karantina di Batam masih dibahas. “Besok masih rapat,” ujarnya.

Sebelumnya, tim pendahulu telah memasuki Provinsi Hubei dan melakukan persiapan di sejumlah titik, utamanya Wuhan. Pemerintah juga menyiapkan prosedur khusus saat menerima WNI di Tanah Air sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Meski Tiongkok mengisolasi Wuhan dan kawasan sekitarnya akibat virus Corona, beberapa negara berhasil mengevakuasi warga negaranya. Beberapa negara yang berhasil menjemput warga negaranya yakni Amerika Serikat, Australia, Korea Selatan, Prancis dan Jepang. [rif]

Source

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *