Connect with us

Internasional

Putin Kecam Sikap AS Soal Ukraina hingga Kunjungan Pelosi ke Taiwan

Published

on

Kabarpolitik.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam AS dan Barat. Ia menuding Amerika justru ingin memperpanjang perang di Ukraina. “Situasi di Ukraina menunjukkan bahwa AS sedang berusaha untuk memperpanjang konflik ini,” kata Putin dalam pidato sambutan di sebuah konferensi di Moskow tentang keamanan internasional seperti dilansir kantor berita negara Rusia Interfax.

Putin juga mengklaim bahwa AS berusaha mempertahankan sikap Barat untuk memperluas sistem blok pertahanannya, seperti aliansi militer NATO. Putin juga melihat bahwa Barat secara kolektif sedang berusaha untuk memperluas sistem bloknya ke kawasan Asia-Pasifik mirip dengan NATO di Eropa.

“Untuk tujuan ini, aliansi militer-politik sedang dibentuk, seperti AUKUS dan lainnya,” klaim Putin.

Rusia mengatakan bantuan Barat untuk Ukraina adalah puncak dari tahun sentimen anti-Rusia. Bagaimanapun, Putin menyalahkan NATO karena memulai perang.

Putin Singgung Soal Taiwan

Selain itu, dia mengatakan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi baru-baru ini ke Taiwan, membuat marah sekutu Rusia, Tiongkok. Menurutnya sikap itu menjadi provokasi.

“Provokasi yang direncanakan secara menyeluruh,” katanya.

“Perjalanan sembrono seperti itu adalah bagian dari strategi Amerika yang disengaja untuk mengacaukan situasi di kawasan dan dunia. Sebuah demonstrasi yang tidak menghormati kedaulatan negara lain dan kewajiban internasionalnya,” imbuh Putin.

(jp)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.