Connect with us

Jabodetabek

Rekan Dukung Penambahan RS Rujukan Pasien COVID-19

Avatar

Published

on

Relawan Kesehatan Indonesia (Rekan Indonesia) mendukung langkah Pemprov DKI menambah 26 rumah sakit swasta sebagai rumah sakit rujukan untk penanganan pasien COVID-19.

“G una mengantisipasi penuhnya kapasitas ruang perawatan yang tersedia saat ini”

Ketua Rekan Indonesia, Agung Nugroho mengatakan, penambahan RS rujukan ini merupakan upaya Pemprov DKI untuk mengatasi ketersediaan ruang rawat dan isolasi, seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19 di Ibu Kota.

“Kami mendukung penambahan 26 rumah sakit swasta sebagai rujukan, guna mengantisipasi penuhnya kapasitas ruang perawatan yang tersedia saat ini,” ujar Agung Nugroho, Jumat (25/9).

Berdasarkan data per 23 September, papar Agung, sekitar 81 persen dari total 4.812 tempat tidur perawatan pasien dan sekitar 74 persen dari 695 tempat tidur ICU di Ibukota telah terpakai.

Padahal, lanjut Agung, berdasarkan rekomendasi WHO tingkat ketersediaan rumah sakit untuk penanganan COVID 19 seharusnya di bawah 60 persen.

“Jadi, penambahan rumah sakit swasta sebagai rujukan pasien COVID 19 di Ibukota tepat. Apalagi, Pemprov DKI Jakarta juga kembali membuka r ekrutmen tenaga profesional kesehatan,” pungkasnya.

(rls/kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *