Connect with us

Politik

Akademisi UINSU: Musa Rajekshah DPR RI Bagus untuk Sumut

Dukungan kepada Musa Rajekshah alias Ijeck untuk menang dalam Pileg DPR RI mendatang terus mengalir dari berbagai lapisan. Ijeck dinilai mampu menjadi wakil yang tepat untuk menyuarakan kepentingan Sumatera Utara di parlemen pusat.

Akademisi UIN Sumut, Juara Monang Nasution (27) menyatakan hal tersebut, Jumat (13/10/2023). Meski banyak orang yang menyayangkan, Monang memandang positif langkah Ijeck maju lebih dulu dalam Pileg DPR RI yang akan digelar Februari 2024 nanti.

“Ini karena sistem negara kita sebenarnya. DPR RI sekarang punya kewenangan yang lebih besar dari kepala daerah. Suara-suara daerah lebih nyaring di parlemen pusat. Otonomi daerah kita baru sekedar melahirkan istilah kepala dilepas, ekor dipegang,” terang Monang saat dihubungi wartawan.

Monang menambahkan, istilah tersebut bermakna otonomi daerah yang berlaku sekarang masih semu. Gubernur memang dilipih rakyat setempat, namun ia tidak punya kewenangan sepenuhnya terkait daerah tersebut. Terutama terkait keuangan daerah.

“Kita lihat saja selama periode pak Ijeck dan pak Edy kemarin. Berkali-kali meminta bagi hasil yang adil tentang perkebunan di Sumut. Padahal tanahnya ada di sini, tapi uang hasil alamnya mengalir ke pusat. Makanya kita nggak bisa berharap banyak pembangunan di sini, karena uangnya ke pusat semua,” tambah Monang.

Atas dasar tersebut pengajar di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini berharap Ijeck mampu menyuarakan masalah ini di pusat. Ijeck dinilai menjiwai masalah dan punya kekuatan untuk mendorong pembahasan tersebut di pusat.

“Pengalaman selama menjabat kemarin tentu membuat beliau tahu masalah. Pribadi dan latar belakangnya juga disegani di pusat. Saya yakin Ijeck bisa memecahkan masalah itu. Untuk Sumatera Utara kita yang lebih baik,” tutup Monang.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *