Connect with us

Politik

Budi Djiwandono: Pengesahan RUU KSDAHE Bentuk Komit Kelestarian Lingkungan dan Keseimbangan Ekosistem

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono membacakan laporan Komisi IV dengan mengatakan RUU KSDAHE akan memperkuat konservasi sumber daya alam hayati dan keseimbangan ekosistem.

Hal ini disampaikan Budi saat pengesahan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (RUU KSDAHE) pada, Selasa (9/7/2024).

“Sumber daya alam hayati mempunyai fungsi sebagai sistem penyangga kehidupan. Konservasi terhadap sumber daya alam hayati dan ekosistemnya harus mampu mewujudkan kelestarian sumber daya alam hayati serta keseimbangan ekosistemnya. Sehingga dapat lebih mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mutu kehidupan manusia,” ujar Politisi Partai Gerindra tersebut.

Legislator Partai Gerindra ini juga menambahkan bahwa RUU KSDAHE juga mengatur kejelasan kewenangan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Dengan ini diharapkan tidak ada lagi tumpang tindih dalam kerja.

“Adanya kejelasan kewenangan dalam penyelenggaraan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, baik antar kementerian/lembaga maupun antara Pemerintah dan Pemerintah Daerah melalui pembagian peran lintas sektor dan lintas pemerintahan dalam konservasi. Sehingga tidak lagi terjadi tumpang tindih kewenangan dan konservasi menjadi tanggung jawab bersama,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *