Connect with us

Daerah

Cegah Stunting, Airin Rachmi Diany: Pentingnya Air Bersih

Published

on

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan mendasar manusia untuk memenuhi kehidupan secara sehat. Bagi bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany, Air bersih sangat penting untuk mencegah stunting.

Demikian disampaikan Airin saat mendapat keluhan dari warga mengenai sulitnya air bersih di salah satu wilayah di Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Selasa (25/7/2023).

“Kurangnya akses Air bersih juga ternyata juga menjadi penyebab tingginya angka stunting, maka penting ketersediaan Air bersih di masyarakat apalagi di wilayah Bapak Ibu untuk mencegah adanya stunting,” ujar Airin

Sekadar diketahui, Menurut riset Kementerian Kesehatan (Kemkes), stunting yang disebabkan oleh tidak adanya Air bersih dan sanitasi buruk mencapai 60 persen, sementara yang dikarenakan gizi buruk hanya 40 persen.

Ditambahkan Airin, Air bersih tidak bisa diabaikan karena digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari mandi dan cuci kakus (MCK), hingga Air bersih untuk dikonsumsi.

Menurutnya, tidak adanya ketersediaan Air bersih ibarat Anak tidak mendapat asupan makanan bergizi. Salah satunya dikarenakan jika peralatan makan yang kotor, sehingga tidak ada penyerapan gizi di pencernaan.

“Karena itulah adanya Air bersih untuk pencegahan stunting, tidak hanya terkait soal asupan gizi, tetapi juga memastikan kecukupan kebutuhan Air bersih,” tuturnya

“Maka ini menjadi ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah -red) bagi saya ke depan, jika Allah mengamanahkan menjadi Gubernur Banten, Aamiin,” sambungnya

Sementara itu, warga Lebak Gedong, Armani, mengapresiasi langkah Airin mendorong ketersediaan Air bersih di wilayahnya. “Alhamdulillah, semoga ini menjadi catatan Ibu Airin soal Air bersih di wilayah kami, semoga Ibu Airin dapat mewujudkannya,” imbuhnya (mus)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *