Connect with us

Jabodetabek

Resmi Umumkan Para Juara, OASE II PTKI Tahun 2023 Ajang Menempa Mahasiswa PTKI yang Moderat

Published

on

Babak Final Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ke 2 Tahun 2023 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Zainut Tauhid Saadi, Jumat 16 Juni 2023. Tampil sebagai juara mahasiswa-mahasiswi terbaik PTKI yang telah menampilkan karya-karya terbaiknya.

Sebelum menutup rangkaian kegiatan, Wamenag menuturkan, Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikn Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menggelar OASE dengan harapan dapat menjadi wadah bagi PTKI dalam mewujudkan arah pengembangan pembelajaran yang berdaya saing global, dengan begitu hendaknya dengan berakhirnya agenda dua tahunan ini, para peserta baik yang telah berkesempatan untuk berkompetisi di babak final maupun yang berhasil menampilkn karyanya sepanjang gelaran untuk semakin terpacu untuk mengembangkan kemampuannya.

 

“Saya yakin gelaran OASE dapat mencetak mahasiswa yang cerdas, kreatif, inovatif dalam berbagai bidang, baik agama, sains dan teknologi,” ujar Wamenag dihadapan para mahasiwa yang turut serta dalam Babak Final yang berpusat di Kampus UIN Jakarta ini.

Wamenag berpesan, hendaknya para juara belum berpuas diri dan terus mengembangkan bakatnya hingga mampu mengharumkan nama bangsa di kancah global, hingga membawa nama PTKI di tingkat dunia. “Dan bagi yang belum juara, jangan berkecil hati dan terus memacu semangat, terus belajar, terus berlatih dalam mengembangkan bakatnya,” tutur Wamenag.

Lebih jauh, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi yang juga memberikan sambutan menjelaskan, misi besar OASE yang mengangkat tema “Generasi Inovatif dan Moderat Bergerak Bersama Mewujudkan SDGs” yakni melahirkan generasi unggul yang segala kemampuannya baik dalam bidang agama, sains dan teknolongi, semata-mata dikembangkan untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Kami tidak ingin para generasi unggul yang diproduk oleh PTKI adalah mereka yang tidak memiliki cara berpikir cara pandang dan cara bersikap yang moderat. Salah satu indikator moderasi adalah komitmen kebangsaan, kami tidak ingin udara dan sumber daya negeri ini, air yang diminum oleh generasi ini, kemudian tidak diabdikan untuk Indonesia,” tutur Prof Inung (sapaan akrabnya-red) disambut tepuk tangan para hadirin yang memenuhi Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

 

Sebagai informasi gelaran OASE II PTKI Tahun 2023 ini tak kurang melombakan 25 cabang olimpiade, di bidang sains, lomba meliputi matematika, fisika, kimia, dan biologi (sains).

Bidang karya inovasi meliputi literasi dan inovasi teknologi, nanoteknologi dan kesehatan, produk halal dan ketahanan pangan, Iklim, limbah, lingkungan dan sumber daya terbarukan, sosial keagamaan, media pembelajaran, desain artisektur Islam, astronomi Islam/ilmu falak, robotic & programming, dan karya tulis al-Quran.

Selanjutnya, business plan, bidang debat ilmiah mencakup debat bahasa Inggris, debat bahasa Arab, dan debat Konstitusi, bidang qiraatul kutub, bidang fahmil qur’an, bidang story telling, bidang da’i/da’iyah, dan bidang psikologi. Tampil sebagai juara umum Tuan Rumah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *