Connect with us

Daerah

Yaya Hudaya Berikan Perhatian ke UMKM di Ciamis

Calon Legeslatif (Caleg) DPR-RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapil Jawa Barat X CIKUPABA (Ciamis, Kuningan, Pangandaran, Banjar) H.Yaya Hudaya SE memborong produk UMKM yang dijual di kawasan Ciamis Creative Festival (CCF) 2023 yang digelar dikawasan Islamic Centre Ciamis, pada Selasa (30/5) hingga Minggu 4 Juni 2023.

 

Sontak dengan adanya produk yang diborong Caleg DPR-RI dari PKB Dapil X H. Yaya Hudaya SE tersebut membuat perhatian para peserta UMKM CCF lainnya disamping pula membetot perhatian pengunjung.

 

 

Salah satu produk yang dibeli Caleg H. Yaya Hudaya dari PKB itu yakni Gula Kawung hasil olahan petani mileneal Pamarican Ciamis.

 

Ketua Petani Milenial Wirayama Alam Lestari Pamarican Ciamis, Peri Heryanto menyebut sejumlah produknya yang diborong H. Yaya Hudaya itu yakni Gula Kawung (aren) hasil olahan para petani.

 

“Tentunya kami kaget dan terharu dengan ini semua yang mana hasil pengrajin petani Kawung Pamarican Ciamis ada yang memborong bahkan memperhatikan para petani kawung Ciamis kedepanya,” Ungkap Peri Heryanto.

 

Selain itu, lanjut Peri, caleg H. Yaya Hudaya tak hanya sebatas memborong hasil olahan pengrajin Gula Kawung Ciamis ini dimana selebihnya memesan produk hasil petani Gula Kawung Ciamis.

 

Tentunya dengan ini semua,pihaknya mewakili petani Gula Kawung Pamarican Ciamis menghaturkan terima kasih banyak kepada H. Yaya Hudaya dan mudah-mudahan apa yang direncanakanya bisa terwujud hingga nasib kami para pengrajin Gula Kawung dan pengrajin UMKM ini bisa lebih terperhatikan kedepanya,” ucap Peri Heryanto.

 

Kiranya lanjut Peri, dengan ini semua harapan dan penantian serta mimpi para pelaku UMKM kedepan akan cerah lagi.

 

“Alhamdulilah mimpi dan harapan kami lebih maju kiranya akan cerah dengan ini semua,”ujar Peri Heryanto.

 

Diungkapkan Peri, total belanja Caleg H. Yaya Hudaya itu sekitar Rp 2 jutaan lebih.

 

“Yang jelas semua yang kami pamerkan diborong semua,” tutur Peri Heryanto.

 

Sementara itu Caleg H. Yaya Hudaya menyebutkan, perhatian dan “aksi” memborong Gula Kawung hasil pengrajin Gula warga Pamarican Ciamis ini untuk melihat peluang prospek kedepanya.

 

“Ini semua potensi ekonomi luar biasa yang bisa kita kebangkan dimana dengan pengembangan potensi Gula Kawung ini saja bisa meningkatkan perekonomian warga, khususnya para pengrajin itu sendiri,” ujar H. Yaya Hudaya.

 

Diungkapkan H. Yaya Hudaya, warga masyarakat Ciamis terbilang rajin ulet kreatif dan mandiri dimana bisa mampu membuat mengolah produk dari bahan baku yang terhampar di bumi tatar Galuh ini.

 

“Tinggal saja, kita semua bisa mengembangkan produk-produk hasil para UMKM kedepanya,” tegas H. Yaya Hudaya.

 

Dari “aksi” memborong Gula Kawung semua dalam gelaran CCF itu untuk apa H. Yaya Hudaya menjelaskan, itu semua bukan untuk sekedar dikonsumsi untuk dirinya.

 

“Sebagian nanti akan kami salurkan ke kelompok -kelompok pemuda atau Karang Taruna dan warga masyarakat lainnya untuk diolah kembali untuk dijadikan berbagai makanan yang salah satunya untuk dibuat kecap unggulan dari Gula Kawung ini,” jelsnya.

 

Hingga demikian kedepan warga akan memiliki keterampilan membuat kecap berkualitas.

 

“Konon hingga saat ini di Ciamis ada produk kecap unggulan yang saat ini mulai “meredup” dan kiranya melalui hal ini bisa mengembalikan kecap berkualitas Ciamis maju lagi,” jelas Yaya Hudaya.

 

Dan sebagian lagi lanjutnya, akan  dibawa sebagai sample untuk dipasarkan lebih jauh lagi yang tidak menutup kemungkinan untuk di ekspor.

 

“Terus terang saja, setelah ini saya akan bawa ke PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) sebagai BUMN Indonesia yang mana dikenal di luar negeri sebagai Indonesia Trading Company, yang menjadi trading house dan bergerak di bidang ekspor, impor, dan distribusi,” pungkas H. Yaya Hudaya.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *