Connect with us

Nasional

May Day 2020, Buruh di Kepri Apresiasi Isdianto

Batam – Peringatan Hari Buruh atau May Day tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya peringatan Hari Buruh tahun ini tidak diwarnai dengan unjuk rasa lantaran situasi pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 berdampak langsung terhadap kelompok buruh yang bekerja di sektor formal maupun informal, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Merespon kondisi tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) sekaligus ketua gugus tugas percepatan penangann Covid-19 Provinsi Kepri H Isdianto mengambil langkah cepat menangani kondisi ekonomi masyarakat yang kian lesu.

Isdianto melalui Pemerintah Provinsi telah menyiapkan 380.000 paket sembako yang dianggarkan senilai Rp 126 miliar. Paket sembako ini rencananya akan dibagikan ke masyarakat di tujuh Kabupaten/Kota dalam waktu dekat seacra gratis. Bantuan sembako tersebut diperuntukkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 seperti buruh lepas, pekerja yang terkan PHK, pedagang kecil, tukang ojek dan yang lainnya. Selain dibagikan secara gratis, paket sembako tersebut juga akan diberikan dalam bentuk sembako subsidi/murah untuk meringankan beban masyarakat.

Menanggapi program tersebut, Maria Ulfah salah satu pekerja yang terdampak PHK dari perusahaannya mengapresiasi langkah Isdianto dalam menangani pandemi Covid-19. Menurutnya saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan untuk bisa bertahan hidup.

“Terimakasih pak Isdianto, kami sangat menantikan bantuan tersebut. Masyarakat terutama kami kelompok buruh yang dirumahkan bahkan yang di PHK akan sangat terbantu dengan adanya bantuan dari pemerintah maupun pihak lainnya,” ungkap Maria, Jumat (01/05).

Selain Maria, Siti Hartati, karyawan pabrik yang terdampak pandemi Covid-19 menuturkan hal serupa. Dirinya mengaku senang dengan adanya program yang dikeluarkan oleh Isdianto dalam menangani kondisi pandemi Covid-19.

“Anak saya sudah duduk di SMA kelas 2. Sedangkan saya sudah diputus kontrak dari tempat saya bekerja. Dengan adanya bantuan pemerintah berupa sembako dan bebas SPP anak saya, kami sangat terbantu. Terimakasih pak Isdianto,” tuturnya.

Hartati juga berharap kedepan bantuan serupa bisa terus berjalan, setidaknya sampai pandemi ini benar-benar usai dan roda perekonomian normal kembali.

“Kami berharap kepada pak Isdianto agar bantuan seperti ini bisa terus berlanjut. Kami percaya pak Isdianto mampu dan mengerti kondisi kami sebagai masyarakat kecil,” pungkasnya.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *