Connect with us

Jabodetabek

Di Hadapan Kader Kohati, Airin Rachmi Diany Beberkan Pentingnya Konsistensi dan Integritas Dalam Membangun Personal Branding

Tokoh Perempuan Airin Rachmi Diany menjadi Narasumber dalam Kegiatan Sekolah Pimpinan (SEPIM) Korps HMI-Wati (Kohati) Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), bertempat di New Jiwo Resort, Bogor, Jumat (9/6/2023)

Tokoh Perempuan Airin Rachmi Diany menjadi Narasumber dalam Kegiatan Sekolah Pimpinan (SEPIM) Korps HMI-Wati (Kohati) Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), bertempat di New Jiwo Resort, Bogor, Jumat (9/6/2023). Dalam kesempatan tersebut, Airin mengajak kader Kohati membangun personal branding.

Airin menegaskan pentingnya menjaga konsistensi dan integritas dalam membangun personal branding untuk mengembangkan juga mempromosikan citra diri sebagai individu di mata orang lain.

“Pastikan bahwa apa yang Anda tunjukkan secara online maupun offline sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan personal branding Anda. Jaga integritas dan berperilaku secara tepat dengan citra yang ingin Anda bangun,” ujar Airin di depan ratusan Kohati dari Seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan menjadi Narasumber tersebut, Ketua Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu mengatakan melibatkan membangun keahlian, kepribadian, dan reputasi yang akan membedakan dari kebanyakan orang.

“Mulailah dengan mengidentifikasi apa yang ingin Adinda capai melalui personal branding. Apakah Adinda ingin menjadi ahli dalam bidang tertentu, membangun jaringan yang kuat, atau menciptakan kredibilitas di industri Adinda,” kata Airin

Menurut Airin, menentukan tujuan akan membantu merumuskan strategi yang tepat. Selain itu, kata Airin, lakukan analisis diri untuk mengetahui kekuatan, minat, dan nilai-nilai sangat penting.

“Pertimbangkan apa yang membuat Adinda unik dan bagaimana Anda dapat mengintegrasikan aspek-aspek ini ke dalam personal branding Anda. Ini akan membantu Adinda membangun citra yang autentik dan konsisten,” tuturnya

Dirinya menambahkan, fokus pada pengembangan keahlian dan pengetahuan di bidang yang ingin dibangun merupakan bagian untuk membangun personal branding.

“Baca buku, ikuti kursus, hadiri konferensi, atau cari mentor untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman Adinda, semakin ahli adinda di bidang tersebut, semakin besar peluang Adinda untuk membangun reputasi yang kuat,” jelas Airin

Menurut Airin, memanfaatkan platform media sosial di era digital dan era media sosial sangatlah penting dalam rangka personal branding yang tidak bisa ditinggalkan.

“Buat profil yang profesional dan mulai berbagi konten yang bernilai. Gunakan platform-platform ini, baik Instagram, Tiktok, WhatsApp, Facebook, mau pun platform lainnya untuk berinteraksi dengan profesional di bidang kalian dan membangun jaringan yang kuat,” ungkapnya

Dengan membuat konten yang bermanfaat, menurut Airin, dapat menjadi sumber informasi dan inspirasi bagi orang lain. “Bagikan pengetahuan dan pengalaman secara teratur untuk membangun reputasi sebagai pemikir dan ahli di bidang Adinda semua,” tuturnya

Airin berpesan, yang terpenting dari personal branding adalah menjadi diri sendiri, menampilkan apa yang menjadi kelebihan, meski kekurangan kita ada, tetapi tidak menjadi orang lain.

“Pastikan apa yang kita maui, ketahui apa yang menjadi SWOT yang kita punya dan target kita mau seperti apa, itulah dalam bentuk personal branding,” pungkasnya (mus)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *