Connect with us

Pemerintahan

Wapres Kenang Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo

Published

on

Jakarta, Kabarpolitik.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022, sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo Jakarta.

“Kita kehilangan orang baik, orang yang selama ini mengabdi kepada bangsa dan negara, sejak beliau sebelumnya juga menjadi Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Beliau yang saya tahu, kebetulan di bawah koordinasi saya tentang masalah reformasi birokrasi, beliau terus bekerja siang-malam melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi untuk membangun sistem perubahan-perubahan besar,” tutur Wapres dalam keterangannya kepada media, usai melakukan takziah di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jl. Jenderal Sudirman No. 69 Jakarta Selatan, Jumat (01/07/2022).

Wapres mengenang Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang banyak berperan dalam kancah politik Indonesia dan reformasi birokrasi negeri ini.

“Beliau telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara, khususnya pada penyelenggaraan reformasi birokrasi di pemerintahan,” ungkap Wapres.

Selain itu, Wapres juga mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang rajin, khususnya dalam memberikan laporan kinerja pemerintahan yang sudah dikemas dalam bentuk buku.

“Saya selalu berkonsultasi dengan beliau dan selalu memberi buku kepada saya, laporan-laporannya dalam bentuk buku. Rajin sekali dan kalau Sidang Kabinet selalu ada buku, diberi ke saya, diberi ke Pak Jokowi,” kenang Wapres.

Wapres turut mendoakan almarhum Tjahjo Kumolo agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Kita doakan mudah-mudahan diterima oleh Allah SWT, dan kita yakin beliau orang baik dan berjasa kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 adalah seorang politikus Indonesia dan menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pada periode 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja. Ia pernah terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo seorang politisi yang tidak hanya terlibat namun juga berperan besar dalam perubahan politik dan tata pemerintahan negeri ini. Tempaan pendidikan politik telah membentuk seorang Tjahjo Kumolo menjadi sosok politisi yang berdedikasi penuh mengabdi kepada negara. (DAS/NN– rls)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.