Connect with us

Politik

Alien Mus Dorong Pemerintah Berikan Perhatian Khusus Terhadap Taman Nasional Di Indonesia

Anggota Komisi IV DPR RI Alien Mus mendorong Pemprov dan Pemda untuk memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) karena konservasi dan perlindungan ekosistem taman nasional itu harus menjadi prioritas utama. Hal ini dapat melibatkan pemantauan yang ketat terhadap flora dan fauna yang ada terlebih penegakan peraturan terhadap kegiatan yang merusak lingkungan ini dapat dikenakan sanksi pidana dan administratif sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang yang berlaku.

“Kita mengharapkan Taman Nasional Bromo dapat tetap menjadi tujuan wisata yang menarik sambil tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan yang ada, penting diingat untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, terutama pengunjung, tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Taman Nasional Bromo, Program edukasi yang melibatkan pemandu wisata, brosur informatif, dan interpretasi lingkungan dapat membantu meningkatkan kesadaran dan mengajak pengunjung untuk bertindak secara bertanggung jawab,” ujar Alien mus saat melakukan Kunjungan Kerja Ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Jumat (12/5/2023).

Lanjutnya, saat ia melakukan agenda menanam bunga edelweis ini merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap keberadaan bunga edelweis yang merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia, di satu sisi Bunga edelweis merupakan bunga yang hanya dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian dan suhu yang cukup dingin, seperti di kawasan Gunung Bromo.

Dalam hal ini juga harus melibatkan peningkatan manajemen dan pengawasan yang lebih baik. Ini meliputi pemantauan flora dan fauna, pengendalian kerusakan lingkungan, pengelolaan sampah, dan penegakan peraturan, karena dengannya Melibatkan masyarakat lokal dalam pengembangan Taman Nasional Bromo adalah langkah penting. Ini dapat melibatkan pelatihan keterampilan, peningkatan ekonomi melalui pariwisata, dan partisipasi aktif dalam pengelolaan taman nasional.

“Kami, mendorong Taman Nasional Bromo dapat tetap menjadi tujuan wisata yang menarik sambil tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan yang ada dengan memberikan perhatian khusus pada aspek-aspek menjaga kelestarian alam Indonesia dan mendukung pengembangan potensi wisata yang ada,” tutupnya.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *