Connect with us

Nasional

Beber Pekerjaan Rumah Kapolri Baru, Wakil Ketua MPR: Selamat Menjalankan Amanat

Fikri

Published

on

Kabarpolitik.com — Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru saja menerima amanat baru sebagai Kapolri. Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW), pun berpesan kepada Kapolri untuk sungguh-sungguh melaksanakan janji dan komitmen melaksanakan konsep presisi. Konsep itu seperti yang disampaikan saat fit and proper test di komisi III DPR RI.

Termasuk menghadirkan keadilan hukum, tidak lagi tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Juga untuk menyelesaikan sejumlah kasus yang dikhawatirkan mengancam hak asasi manusia dan demokrasi. Seperti kasus penembakan Laskar Front Pembela Islam (FPI) dan dugaan pembungkaman aktivis.

“Kepolisian hadir untuk menegakkan hukum yang adil dan mengayomi masyarakat. Dan itu tercermin dalam konstitusi dan demokrasi warisan reformasi,” ujar HNW dalam keterangan tertuluisnya pada JawaPos.com (GroupFajar) di Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Bahkan, lanjutnya, amandemen UUD NRI 1945 akhirnya memasukan sejumlah pasal untuk menjamin penegakan HAM dan pelaksanaan demokrasi. Polri di bawah pimpinan Jenderal Listyo Sigit harus bisa menjaga dan menyelamatkan dua hal yang sangat berharga tersebut.

HNW juga menjelaskan, ada sejumlah kasus yang berpotensi mengancam penegakan HAM dan demokrasi apabila tidak diusut atau diselesaikan secara tegas. Pertama, kasus penembakan sejumlah laskar FPI di KM 50 yang telah dinyatakan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sebagai pelanggaran HAM dengan jenis unlawful killing.

(Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *