Connect with us

Nasional

Hoaks Lima Terduga Teroris Terkait Jaringan FPI

Fikri

Published

on

Kabarpolitik.com, JAKARTA — Pemerintah telah membubarkan Front Pembela Islam (FPI) dan melarang semua aktivitas yang mengatasnamakan ormas tersebut. Meski demikian, hoaks baru yang menyerang organisasi itu masih muncul di media sosial.

Contohnya, kabar berupa video yang diunggah akun Facebook INFOCELLTV tentang konferensi pers penangkapan terduga teroris oleh aparat kepolisian. Akun tersebut mengklaim bahwa terduga teroris yang ditangkap itu adalah jaringan FPI.

”DENSUS 88 BERHASIL T4N6K4P JARINGAN FPI ~ BERITA TERBARU HARI INI 24 JANUARI 2021 HABIB RIZIEQ,” tulis akun INFOCELLTV pada 24 Januari 2020 (bit.do/JaringanFPI).

Tak sedikit netizen yang termakan kabar palsu itu. Rata-rata mereka asal berkomentar membenarkan klaim tersebut tanpa memperhatikan video yang menyertainya. Padahal, jika dilihat sampai tuntas, konferensi pers itu sama sekali tidak menyebut FPI. Pengisi suara dalam video tersebut hanya menyebutkan bahwa kelima terduga teroris berkaitan dengan jaringan ISIS.

Portal berita jawapos.com juga mengulas penangkapan lima terduga teroris tersebut. Judul berita yang terbit pada 23 Januari 2021 itu berbunyi, Densus 88 Antiteror Polri Tangkap Tiga Terduga Teroris di Aceh.

Kabidhumas Polda Aceh Kombespol Winardy mengatakan, dengan ditangkapnya tiga orang tersebut, ada lima terduga teroris yang ditangkap di wilayah hukum Polda Aceh. ”Tiga terduga teroris tersebut ditangkap di kawasan Jalan Blangbintang–Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, dan di kawasan Pasar Simpang Tujuh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh,” katanya.

(Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *