Connect with us

Nasional

Pam Swakarsa akan Diaktifkan Kembali, Mantan Menag: Istilahnya Saja Sudah Timbulkan Trauma

Fikri

Published

on

Kabarpolitik.com, JAKARTA– Wacana Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menghidupkan kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa ( Pam Swakarsa) menimbulkan kontroversi.

Mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menilai rencana tersebut menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat.

“”Pam Swakarsa” itu dari istilahnya saja sudah timbulkan ‘trauma’ tersendiri,” kata Lukman dikutip fajar.co.id di akun Twitter miliknya, Rabu (27/1/2021).

Diketahui, Pam Swakarsa pernah dibentuk pada 1998. Panglima ABRI kala itu, Jenderal TNI Wiranto, menyatakan kehadiran Pam Swakarsa dibutuhkan untuk mengamankan Sidang Istimewa MPR dari pihak-pihak yang ingin menggagalkannya.

Namun, dalam perjalanannya, konflik berdarah antara Pam Swakarsa dengan mahasiswa dan kelompok masyarakat tak bisa dihindarkan. Peristiwa kelam itu dikhawatirkan kembali terjadi apabila Pam Swakarsa hidup kembali. Pam Swakarsa juga dinilai akan membawa Indonesia ke era Orde Baru yang otoriter.

Karena itu, politisi PPP itu meminta Jenderal Listyo Sigit untuk menggunakan istilah lain.

“Bila tujuan dan proses pembentukannya baik dan akuntabel, mengapa tak gunakan istilah lain ya?” harapnya.

Sebelumnya, Mabes Polri memastikan konsep Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) yang digagas oleh Listyo Sigit Prabowo berbeda dengan era 1998.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam fit and proper test mengutarakan rencananya akan mengaktifkan Pam Swakarsa yang diintegrasikan dengan perkembangan teknologi informasi dan fasilitas-fasilitas yang ada di Polri.

(Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *