Connect with us

Politik

Gobel Gelar Festival Pasar Pangan di Gorontalo

Published

on

LIMBOTO (26 Januari): Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel, menggelar Festival Pasar Pangan di Gorontalo.

“Saat ini rakyat sedang kesusahan. Harga-harga naik. Ini akibat dampak musim panas berkepanjangan atau El Nino. Karena itu, untuk membantu pemerintah dan mengurangi beban masyarakat, kami menggelar festival ini dengan harga yang saya subsidi,” ungkap Gobel di acara Festival Pasar Pangan yang digelar di Desa Paris, Kecamatan Mootilango, Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis (25/1).

Barang yang dijual di festival tersebut adalah beras, gula pasir, minyak goreng, kopi, dan sabun cuci cair. Festival tersebut akan digelar keliling di lima kabupaten dan satu kota di Gorontalo. Masyarakat sangat antusias menyambut festival tersebut.

“Ini bukan kegiatan kampanye sehingga tidak ada atribut partai maupun ajakan tertentu. Saya melakukan ini selaku Wakil Ketua DPR RI,” kata Gobel.

Gobel yang juga Legislator NasDem itu mengatakan, saat ini masyarakat sedang kesusahan akibat kemarau panjang. Hal ini berdampak pada kegagalan panen atau buruknya hasil panen. Pada sisi lain, katanya, perang Rusia-Ukraina berakibat naiknya harga berbagai barang kebutuhan rumah tangga.

Selain itu, tambah Gobel, ekonomi dunia mengalami penurunan, termasuk ekonomi Indonesia. Hal itu berdampak pada penurunan relatif pendapatan masyarakat dan bertambahnya angka pengangguran.

“Semua itu memberikan tekanan ekonomi kepada masyarakat, sehingga bagi yang memiliki penghasilan berlebih bisa saling menolong sesama,” kata wakil rakyat dari Dapil Gorontalo itu.

Sebagai Wakil Ketua DPR, kata Gobel, ia bersama pemerintah bahu membahu mengatasi masalah itu. Melalui fungsi anggaran, DPR dan pemerintah telah menganggarkan bantuan kepada masyarakat seperti dalam bentuk bansos maupun bantuan langsung tunai.

“Namun itu belum menjangkau seluruh masyarakat dan juga sifatnya hanya diberikan kepada penduduk yang berada di lapisan paling bawah, yaitu yang ada dalam kelompok miskin. Sedangkan yang rentan miskin yang jumlahnya sangat besar justru kurang tersentuh. Karena itu melalui pasar murah ini makin banyak yang terjangkau dan makin banyak yang melakukan pasar murah seperti ini tentu akan semakin baik,” katanya.

Gobel mengajak seluruh masyarakat untuk selalu optimistis dan makin giat bekerja dalam menghadapi situasi ekonomi yang berat ini.

“Harus selalu berpikir positif dan banyak berdoa agar diberikan kekuatan dan mendapat jalan keluar yang terbaik,” katanya.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Gorontalo itu juga mengingatkan bahwa budaya Gorontalo sangat menjunjung tinggi sikap saling tolong menolong dan religius. Pada sisi lain, katanya, tanah Gorontalo sangat subur dan lautnya kaya ikan.

“Sehingga tak ada alasan untuk kekurangan. Tantangannya adalah bagaimana agar pemimpinnya berlaku amanah dalam menunaikan tugas dan tanggung jawabnya,” pungkas Gobel.

(nasihin/*)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *