Connect with us

Politik

Hak Penyandang Disabilitas Harus Dipastikan Dipenuhi

Published

on

JAKARTA (29 November): Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Sri Wulan, mengajak seluruh pihak untuk memastikan hak penyandang disabilitas dapat dipenuhi. Mulai dari pemenuhan kesehatan, pendidikan, pekerjaan, hingga kesejahteraan.

“Itu semua merupakan hak dari teman-teman difabel yang harus didapatkan. Hak mereka untuk setara dengan kita,” ujar Wulan dalam diskusi daring bertajuk ‘Mewujudkan Negara yang Ramah untuk Disabilitas’, yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (29/11).

Wulan menilai saat ini pemenuhan hak penyandang disabilitas sudah cukup baik. Meski belum sempurna, ada perkembangan yang baik dari tahun ke tahun. Ia mencontohkan pemerintah telah mewajibkan rekrutmen ASN sebagian diisi penyandang disabilitas, begitu pula di pemerintah daerah.

“Memang kita belum bisa memenuhi semuanya. Pemenuhan kesejahteraan secara keseluruhan, teman-teman difabel, ini kan banyak aspek, banyak institusi yang terkait di situ,” ujarnya.

Lebih lanjut Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah III (Kabupaten Grobogan, Blora, Rembang, dan Pati) itu mengajak masyarakat untuk turut menghapus stigma bahwa difabel tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya.

“Penghapusan stigma itu penting. Karena mereka sebenarnya mampu jika diberikan kesempatan,” tukas Wulan.

(dis/*)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *