Connect with us

Politik

Lembaga Wakaf Binaan Ayep Zaki Kompeten Salurkan Manfaat Wakaf

Published

on

JAKARTA (26 Maret): Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa yang dibina langsung oleh Ketua DPD NasDem Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), H. Ayep Zaki dinyatakan kompeten dalam penyaluran manfaat wakaf.

Hasil tersebut diraih dalam kegiatan sertifikasi skema Penyaluran Manfaat Wakaf yang difasilitasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Badan Wakaf Indonesia, di Hotel Sofyan Jakarta, Minggu (24/3) dengan hasil keputusan bahwa personil LW Doa Bangsa dinyatakan kompeten.

Kegiatan Sertifikasi tersebut dilakukan setelah masa pelatihan dari tanggal 20 sampai dengan tanggal 22 Maret 2024 dengan melibatkan 27 peserta dari berbagai institusi yang ada di Indonesia.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Badan Wakaf Indonesia (LSP BWI), Prof. Nurul Huda menyatakan bahwa menyalurkan manfaat wakaf tidak sesederhana yang diperkirakan. Kompetensi tersebut sudah memiliki standar dengan acuan SKKNI yang berlaku.

Penyaluran manfaat wakaf tersebut meliputi tujuh unit kompetensi yaitu melayani Mauquf Alaih, Melaksanakan Pembinaan Mauquf Alaih, Memantau Program Penyaluran Hasil Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf, Mengevaluasi Program Penyaluran Hasil Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf.

Selain itu juga menyusun Laporan Penyaluran Hasil Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf, Menyusun Laporan Keuangan (Penyaluran) dan Mengelola Risiko Operasional.

“Jadi, Lembaga Nazhir harus memiliki personil yang kompeten dalam Penyaluran Manfaat Wakaf,” kata Prof. Nuruh Huda dalam keterangan yang diterima nasdem.id, Selasa (26/3).

Dia melanjutkan wakaf merupakan salah satu pilar kesejahteraan umat yang semua pelaksanaannya harus tertib, sehingga Lembaga Nazhir akan memperoleh kepercayaan dari umat.

Kepercayaan itu terbentuk dari profesionalisme nazhir yang shidqoh, syaja’ah, amanah, fathonah dan tabligh,” tambah dia.

Pada kesempatan lain, Pembina Yayasan yang menaungi Lembaga Wakaf Doa Bangsa, H. Ayep Zaki menegaskan bahwa LW Doa Bangsa tetap berkomitmen dalam mempertahankan Profesionalisme Nazhir.

“Hal itu kata dia dapat dibuktikan dengan keikutsertaan LW Doa Bangsa dalam setiap kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Nazhir yang diselenggarakan oleh Badan Wakaf Indonesia,” kata Ayep.

Dia melanjutkan LW Doa Bangsa telah menyelesaikan Pelatihan dan Sertifikasi Pelaksanaan Penghimpunan/Penerimaan Harta Benda Wakaf, Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf, dan Penyaluran manfaat Wakaf.

Dengan demikian LW Doa Bangsa sudah sangat layak dan kompeten dalam melaksanakan tugas tri- fungsinya.

“Kompetensi ini sangat mendukung pelaksanaan Visi Misi Lembaga, yaitu menjadi Lembaga yang tepercaya dalam menghimpun, mengelola, mengembangkan dan menyalurkan manfaat kepada Mauquf Alaih,” tambah dia.

LW Doa Bangsa juga sangat meyakini bahwa Wakaf merupakan instrumen jitu dalam mengentaskan kemiskinan dan kebodohan.

InsyaAllah LW Doa Bangsa akan memberikan bukti nyata dalam membangun peradaban bangsa yang kita cintai ini,” demikian tutup Ayep Zaki.

(WH)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *