Connect with us

Politik

NasDem Minta BI Perbanyak Outlet Penukaran Uang Baru

Published

on

TANGERANG (15 Maret): Bank Indonesia (BI) akan menyiapkan penukaran uang baru senilai Rp195 triliun untuk persiapan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), yaitu Hari Raya Idul Fitri di seluruh Indonesia. Khusus untuk wilayah Banten dan sekitarnya disediakan penukaran uang baru sekitar Rp4,57 triliun.

Informasi tersebut diperoleh anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Fauzi Amro seusai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi XI DPR dengan Deputi Gubernur BI dan jajarannya di Kota Tangerang, Banten, Kamis (14/3).

“Hari ini kami melakukan Kunspek di Kota Tangerang, Banten dan mendapatkan penjelasan bahwa lebaran tahun ini Bank Indonesia secara nasional menyiapkan penukaran uang baru senilai Rp195 triliun. Khusus untuk wilayah provinsi Banten nilainya mencapai Rp4,57 triliun uang pecahan baru yang akan dibagi ke seluruh kabupaten dan kecamatan di Banten,” tandas Fauzi.

Legislator NasDem dari Dapil Sumatra Selatan I (Kabupaten Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, Kota Palembang, Kota Lubuk Linggau, dan Musi Rawas Utara) itu menambahkan, BI diharapkan dapat memberikan pelayanan penukaran uang baru menjelang lebaran secara lebih baik. Bukan hanya jumlahnya yang besar, namun titik-titik lokasi penukaran juga perlu diperbanyak agar tidak terjadi antrean panjang seperti tahun sebelumnya.

“Bank Indonesia perlu bekerja sama dengan lpemda dan pemkot setempat, bank Himbara agar menyiapkan outlet-outlet penukaran uang baru yang lebih representatif dan lebih banyak lagi titik-titik lokasinya. Ini untuk memudahkan antusiasme masyarakat yang memiliki tradisi berbagi uang baru saat lebaran kepada sanak saudara,” kata Fauzi.

(dpr.go.id/*)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *