Connect with us

Politik

NasDem Minta Kemenhub Serius Siapkan Kelaikan Transportasi Jelang Mudik

Published

on

JAKARTA (28 Maret): Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw menyerukan agar Kementerian Perhubungan mempersiapkan sarana dan prasarana transportasi jelang mudik Lebaran 2024 ini secara serius dan maksimal.

Roberth menekankan, kelaikan angkutan umum itu diperlukan, baik untuk angkutan darat, laut, maupun udara. Apalagi jelang Hari Raya Idul Fitri 2024, diprediksi arus mudik ada lonjakan jumlah pemudik yang signifikan dibanding sebelumnya sebagaimana data Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Saya kira itu yang paling penting, kelaikan transportasi, apalagi kita bicara angkutan umum. Ini harus betul-betul diproteksi dengan baik, karena kita tidak ingin akibat dari tidak laiknya angkutan-angkutan itu menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan korban,” ungkap Roberth Rouw di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3).

Legislator NasDem dari Dapil Papua ini juga mengingatkan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) wajib secara aktif memberikan laporan-laporan cuaca secara berkala. Mengingat, begitu pentingnya keterkaitan antara kondisi cuaca dengan keamanan suatu transportasi, apalagi menyangkut soal angkutan laut.

Roberth juga mengimbau Pemerintah agar tidak memberatkan masyarakat di tengah situasi ekonomi seperti saat-saat ini yang cukup terpuruk.

“Maka, kita tidak henti-hentinya menyampaikan kepada Kementerian bersama mitra kerjanya untuk bisa memberikan pelayanan, bukan cuma yang terbaik, tetapi juga yang murah agar masyarakat tidak terlalu terbebani,” tandasnya.

Oleh karenanya, Roberth mengingatkan segenap stakeholder penyelenggara jasa transportasi utamanya moda pesawat dan kereta api yang menjadi primadona rakyat tetap berpatokan pada tarif batas atas dan batas bawah sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kemenhub.(dpr.go.id/*)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *