Connect with us

Politik

Rico Sia Gelar Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Ikan bagi UMKM Sorong

Published

on

AIMAS (30 Januari): Anggota DPR RI dari Dapil Papua Barat Rico Sio bersama Balai Diklat Industri (BDI) Makassar menggelar pelatihan membuat aneka olahan berbasis ikan untuk memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (29/1).

Rico Sia yang kembali menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai NasDem untuk Dapil Papua Barat Daya mengatakan, pelatihan itu penting untuk meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM dalam memajukan usaha mereka di bidang pengolahan pangan berbasis ikan.

“Ikan bisa diolah menjadi kerupuk, pempek, siomay, sosis, abon, dan lain sebagainya. Beberapa contoh produk olahan ikan yaitu siomay ikan, bakso ikan, kerupuk ikan, sosis ikan, abon ikan, dan pempek,” ungkap Rico.

Anggota Komisi VII DPR RI itu juga mengatakan, para pelaku UMKM di Kabupaten Sorong mendapatkan pelatihan dari instruktur BDI Makassar tentang cara mengolah ikan yang benar sehingga memiliki nilai ekonomis untuk dapat mendongkrak pendapatan keluarga.

Pelatihan diikuti 50 pelaku UMKM, berlangsung sejak 22-27 Januari 2024 bertempat di Gedung LPTQ Kabupaten Sorong.

“Adanya program pelatihan ini tentunya membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Sorong lebih berkompeten untuk memajukan usaha mereka,” ujarnya.

Rico juga menambahkan, potensi ikan di wilayah Kabupaten Sorong sangat melimpah, namun hasil olahannya belum maksimal karena kapasitas pelaku UMKM belum mumpuni.

Pelatihan semacam itu, tegasnya, tetap dilaksanakan pada masa mendatang dengan target seluruh pelaku UMKM di Kabupaten Sorong mendapatkan perhatian guna memajukan usaha mereka lebih maksimal.

Selain mendapatkan pelatihan, para pelaku UMKM di wilayah itu juga diberikan fasilitas dan bantuan dana sebagai modal usaha. (sonia/*)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *