Connect with us

Daerah

Tekan Kriminalitas di OKU Timur, Lanosin Siapkan Program Khusus

kabarpolitik.com

Published

on

Calon Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin Hamzah menyiapkan program khusus untuk menekan angka kriminalitas di OKU Timur. Menurut Enos, Lanosin Hamzah biasa disapa, salah satu faktor dasar penyebab kriminalitas yakni ekonomi.

Karena itu, Enos yang berpasangan dengan Adi Nugraha Purna Yudha di Pilkada OKU Timur merancang sejumlah program khusus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sektor ekonomi menjadi prioritas pasangan Enos-Yudha. Karenanya, adik kandung Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru itu akan terus berusaha untuk mengoptimalkan seluruh sektor dan potensi yang ada di OKU Timur.

“Aksi kriminalitas yang terjadi tidak hanya disebabkan minimnya moralitas, tetapi bisa juga karena faktor ekonomi. Penggangguran menjadi salah satu penyebab yang membuat seseorang melakukan kejahatan. Bisa jadi, pelaku melakukannya secara terpaksa,” kata Enos, Selasa (22/9).

Salah satu cara yang disiapkan Enos yakni dengan memperluas akses dan lapangan pekerjaan di OKU Timur. Strategi ini juga sejalan dengan rencana Enos-Yudha menekan angka pengangguran di OKU Timur.

Pada 2019, angka pengangguran terbuka di OKU Timur mencapai 11.372. Masih banyaknya warga yang belum bekerja dikhawatirkan turut membuat angka kriminalitas meningkat.

“Kami segera membuat wadah yang bisa menghubungkan antara pencari kerja dengan perusahaan yang memerlukan tenaga kerja. Upaya ini sekaligus bisa menjawab beragam persoalan, mulai dari menekan angka pengangguran dan kriminalitas, juga bagian dari usaha membuat masyarakat OKU Timur semakin sejahtera,” jelas Enos.

Pada upaya lain, Enos juga akan meningkatkan mutu dan infrastruktur pendidikan di OKU Timur. Menurut Enos, sektor pendidikan juga berhubungan dengan masih banyaknya angka pengangguran.

Jika dipercaya masyarakat memimpin OKU Timur, Enos berkomitmen untuk membuat mutu, akses dan infrastruktur pendidikan merata di seluruh kecamatan, bahkan menjangkau desa-desa yang ada di pelosok.

“Mengingat pendidikan menjadi salah satu penyumbang angka pengangguran, maka kami akan berusaha membuat pendidikan di OKU Timur merata dan bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. Kami juga akan meningkatkan sekolah kejuruan yang banyak dibutuhkan para pelaku usaha,” tuturnya.

Pendekatan ekonomi yang diusahakan Enos diyakini mampu menyelesaikan persoalan kriminalitas tanpa melalui tindakan represif. Itu karena pasangan Enos-Yudha selalu mengedepankan pendekatan humanis untuk menyelesaikan setiap persoalan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *