Connect with us

Politik

Basarnas Perlu Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat Hadapi Bencana

Published

on

JAKARTA (15 Maret): Musibah yang terjadi di Indonesia kini sangat banyak, sehingga Badan SAR Nasional (Basarnas) perlu melakukan terobosan yang cepat dan tangkas. Oleh karenanya Basarnas perlu didukung untuk terus mengembangkan pelatihan dengan melibatkan masyarakat terkait kebencanaan.

“Nah ini kan saya juga mengharapkan kepada mereka bahwa latihan fisik terhadap orang-orang yang ada di lapangan, bukan hanya struktural (anggota kelembagaan Basarnas) saja, tetapi perlu ditambah dengan tenaga tenaga masyarakat,” ujar Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Tamanuri, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/3).

Dengan adanya itu diharapkan masyarakat yang terlatih dan terdidik dapat menjadi garda terdepan dalam melindungi diri mereka masing masing maupun masyarakat sekitarnya.

“Harapan kita supaya masyarakat awam bisa menjadi masyarakat yang terdidik. Setidaknya walaupun mereka tidak bisa membantu yang lain tapi bisa menolong diri sendiri,” tegas Tamanuri.

Legislator NasDem dari Dapil Lampung II (Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Tulangbawang, Lampung Timur, Way Kanan, Mesuji, dan Tulangbawang Barat) itu menilai perlu ada kemauan yang keras dan manajemen yang baik, terutama pada Basarnas, sehingga segala macam musibah bisa tertangani dengan baik.

Tamanuri juga mengapresiasi kinerja Basarnas. Menurutnya, Basarnas mampu untuk selalu hadir di setiap kejadian bencana di lapangan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Meski dengan anggaran yang terbatas, dirinya berharap Basarnas mampu mengatur sedemikian rupa sehingga semua kegiatan bisa ditangani dengan baik.

“Kita apresiasi bahwa mereka sudah banyak orang, tiap-tiap unit mendidik sekitar 50-100 orang. Nah ini banyak gunanya sehingga orang-orang mengetahui dan bisa memahami permasalahan kebencanaan,” jelasnya.

Tamanuri juga mengungkapkan bahwa dalam menghadapi cuaca dan kondisi yang cukup ekstrem belakangan ini, perlu kemauan keras dan manajemen yang baik dari Basarnas sehingga segala macam musibah bisa tertangani dengan baik. (dpr.go.id/*)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *